Satgas Akui Penelusuran Kontak Erat Belum Maksimal

0
5
Satgas Akui Penulusuran Kontak Erat Belum Maksimal
Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Bali, Made Rentin

Sumerta Klod, DENPOST.id

Penelusuran kontak erat yang masif dan memenuhi jumlah ideal yang direkomendasikan organisasi kesehatan dunia, dikatakan menjadi penyebab utama meningkatnya kasus positif Covid-19 di Bali belakangan ini. Itu diungkap Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Bali, Made Rentin.

Diwawancarai Kamis (28/1/2021) di Wantilan Gedung DPRD Provinsi Bali, dia menyebut di awal penanganan Covid-19 dan perbandingan jumlah kontak erat yang dilakukan oleh tim surveilans Dinas Kesehatan Provinsi Bali belum ideal, sehingga kasus yang ditemukan belum optimal.

Baca juga :  Sumerta Kelod Bentuk Tim Satgas Covid-19

“Saat itu perbandingannya 1:7, atau 1: di bawah 10. Pascalibur panjang, Natal dan tahun baru, didapat angka yang mendekati ideal sesuai rekomendasi WHO. Yakni 1:20 sampai 1:30,” terangnya. Kata dia, standar WHO, terhadap seorang yang terpapar dilakukan 20 penelusuran kontak erat.

Dia mengakui bahwa sejauh ini tim surveilans belum maksimal melakukan penelurusan. “Namun saat ini kita lakukan penelusuran yang semakin banyak, maka konsekuensi logis adalah kasus meningkat. Sama halnya ketika Gubenur mengeluarkan kebijakan semua aparatur dites,” ujarnya.

Baca juga :  Suastini Koster Ajak Warga Denpasar Datang ke TPS

Terhadap konsekuensi itu, Rentin mengatakan Satgas terus berupaya untuk mempersiapkan diri. Terbaru, kata dia, dilakukan optimalisasi penambahan tempat tidur di ruang isolasi maupun di ruang ICU. “Di luar rumah sakit rujukan, kami menyiapkan 17 hotel karantina untuk OTG,” sebutnya.

Pemilahannya, pasien dengan gejala sedang dan berat harus masuk ke rumah sakit rujukan. Sedangkan di luar itu, OTG dan gejala ringan dirawat di hotel karantina. Hingga saat ini keterisian hotel karantina yang berjumlah di atas 2.500 unit mencapai 67 persen. Dengan kapasitas itu dia menilai cukup dan memadai. Namun bila terjadi peningkatan kasus positif beberapa hari ke depan, hotel lain akan disiapkan kembali. (106)

Baca juga :  Kadis Pertanian Gede Ambara Putra Berpulang

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini