Perampokan di SPBU Benoa Direncanakan Secara Matang

0
11
Perampokan di SPBU Benoa Direncanakan Secara Matang
REKAMAN CCTV- Perampok berpedang terekam CCTV saat menggasak uang di SPBU di Jalan Pelabuhan Benoa, Sesetan, Densel, Kamis (28/1) malam. (DenPost.id/ist)

Sesetan, DenPost.id

Stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU) bernomor 54.801.51 di Jalan Raya Pelabuhan Benoa, Sesetan, Densel, kembali disatroni perampok pada Kamis (28/1/2021) malam. Sebelumnya pada 11 November 2020 sekitar pukul 13.40 SPBU ini juga dirampok.

Kapolresta Denpasar Kombes Jansen Avitus Panjaitan, Jumat (29/1/2021), mengatakan berdasarkan hasil rekaman CCTV di lokasi kejadian dan hasil pemeriksaan saksi-saksi, kasus perampokan ini memang direncana secara matang. “Pelaku sengaja menyasar SPBU di sana. Selain situasinya sepi, yang bertugas mengisi BBM hanya wanita. Pelaku sengaja beraksi saat SPBU menjelang tutup, karena karyawan pasti menghitung uang penjualan,” tegasnya.

Kasus perampokan itu ketahuan direncanakan sesuai hasil penyelidikan petugas gabungan Polresta Denpasar dengan Dit. Reskrimum Polda Bali.

Menurut Kombes Jansen, dari hasil pemeriksaan rekaman CCTV, perampok dua kali mondar-mandir di jalan di depan SPBU. Awalnya dia mengawasi sutuasi SPBU agar benar-benar sepi. “Pelaku lantas membeli BBM. Setelah itu dia mengeluarkan benda yang diduga pedang dari balik jaket. Pelaku berhasil menggasak uang hasil penjualan senilai Rp 10 juta yang baru saja dihitung  karyawan SPBU,” bebernya.

Baca juga :  Dipolisikan IDI, Jerinx SID Tak Penuhi Pangilan Pertama

Direktur Reskrimum Polda Bali Kombes Djuhandani Rahardjo Puro menambahkan  pihaknya masih melakukan penyelidikan dan memburu si perampok. “Kami masih mengejar pelaku. Semoga segera terungkap,” tegasnya.

Pihaknya juga terus mengusut kasus perampokan itu. Beberapa saksi sudah dimintai ketarangan, baik karyawati dan pengelola SPBU. Termasuk mengamankan sejumlah CCTV. “Kami berupaya semaksimal mungkin. Kami tidak main-main. Jika berani berbuat kejahatan, maka kami akan mengambil tindakan tegas dan terukur. Kami tetap mengayomi dan melindungi masyarakat. Untuk ke depan, masyarakat agar selalu berhati-hati,” tutupnya.

Informasi lain yang dihimpun DenPost.id, saat beraksi, perampok mengendarai Honda Vario dengan memakai masker hitam. Selain itu, nomor polisi (nopol) sepeda motor yang dinaikinya diduga sengaja dilepas untuk menghilangkan jejak. “Berdasarkan hasil rekaman CCTV, pelaku menuju SPBU saat situasi benar-benar sepi. Saat  itu, dia hanya membeli BBM Rp 10 ribu. Kemungkinan bertujuan agar karyawati SPBU mengisi BBM dengan cepat sebelum ada pelanggan lain yang datang,” kata seorang petugas Polresta Denpasar.

Baca juga :  Bali Jadi Titik Debarkasi, Kodam IX/Udayana Tingkatkan Pengawasan

Sekadar diketahui SPBU 54.801.51 di Jalan Raya Pelabuhan Benoa, Densel, dirampok pada Kamis (28/1) sekitar pukul 20.00. Saat beraksi, perampok membawa senjata tajam jenis pedang untuk mengancam karyawati SPBU. Selain membuat karyawati SPBU trauma, kasus perampokan itu menyebabkan di pemilik SPBU rugi Rp 10 juta. Saat itu perampok menggasak uang yang dipegang salah satu karyawati. Perampok yang buru-buru, hanya berhasil melarikan sebagian uang yang tercecer. Saat kejadian, hanya Ni Kadek Sri Astari (22) dan Ni Putu Maharani (23) yang bertugas.

Baca juga :  Sidak Pasar Negara, Loka POM Temukan Jajanan Kandung Rhodamin B

Sehari pascadirampok, SPBU ini beroperasi seperti biasa. Petugas Inafis Polresta Denpasar tampak menggelar olah TKP di lokasi kejadian pada Jumat siang. Dihubungi terpisah, salah satu karyawan yang berkerja saat perampokan, Ni Kadek Sri Astari, mengaku trauma. Walau demikian dia tetap bekerja seperti biasa. “Ya saya trauma. Karena harus kerja, saya meski tetap bekerja,” bebernya.

Sebelumnya SPBU ini juga disatroni perampok pada 11 November 2021 sekitar pukul 13.40. Perampok yang membawa pistol mainan itu akhirnya berhasil ditangkap aparat Opsnal Unit 4 Subdit I Dit Reskrimum Polda Bali pada 20 November 2020. Dia adalah tersangka I Made Novi Widyantara. Pria berusia 29 tahun ini diringkus di rumahnya di Jalan Pratama No.35, Banjar Peken, Desa Bualu, Kutsel, Badung.  (yan)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini