Ringankan Biaya Upacara Adat, LPD Wajib Beri Kemudahan

0
7
Picsart 01 31 11.45.16
Anggota Komisi VI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya.

Peguyangan Kaja, DENPOST.id

Krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19, berdampak signifikan terhadap kemampuan ekonomi warga desa adat atau krama untuk menggelar upacara adat maupun keagamaan. Kondisi ini, mesti disikapi Lembaga Perkreditan Desa (LPD) sebagai lembaga keuangan di tingkat desa.

Misalnya memberikan pinjaman dengan syarat yang ringan. Demikian dikatakan Anggota Komisi VI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya. Diwawancarai, Minggu (31/1/2021) dalam jaringan, menurut dia lembaga keuangan di desa dinas maupun adat memberikan kemudahan pembiayaan kepada masyarakat yang akan menggelar upacara adat. Singkatnya, LPD yang menalangi biaya upacara tersebut.
“Misalnya biaya banten yang bisa dibantu dengan jaminan dari lembaga keuangan yang ada di desa. Kemudian masyarakat bisa membayarnya dengan diberikan grace period (masa tenggal) tanpa cicilan atau tanpa bunga dalam waktu tertentu. Tentu besaran biayanya dibatasi, sesuai kemampuan lembaga keuangan,” ujarnya.

Baca juga :  Sari Galung: Sekolah Harusnya Meringankan Biaya Administrasi

Batas biaya menurut dia penting, sehingga tidak merugikan lembaga keuangan di desa. Secara tidak langsung kebijakan ini akan mengerem biaya upacara apapun jenisnya. Dia menilai LPD yang sehat mampu menerapkan kebijakan itu, sehingga keberadaan LPD dapat dirasakan krama di tengah pandemi Covid-19. Dalam situasi krisis ini, dia juga mengajak krama untuk menakar kemampuan dalam menggelar upacara adat maupun agama.

Menurut Wirajaya, krama juga mesti ikut berwirausaha di desa dengan membangun UMKM lokal. Sebab di tengah digitalisasi ini, usaha yang bisa dilakoni tak mengenal batas ruang dan waktu. “Pemerintahan bersama DPRD harus terus menggalakkan hal ini agar warga melek digital. Sekarang ponsel pintar sudah mudah didapat dan harganya terjangkau,” imbuhnya.

Baca juga :  Ini Jadwal Panglima TNI dan Kapolri di Bali

Berkorelasi dengan kondisi itu, dia menilai LPD bisa bisa berafiliasi bersama kanal pemasaran dengan berkoodinasi bersama industri perdagangan. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini