Desa Adat Kerobokan Siapkan Melasti “Ngubeng”

0
6
Picsart 01 31 03.31.19
Bendesa Adat Kerobokan, AA Putu Sutarja.

Mangupura, DENPOST.id

Banyaknya kegiatan upacara keagamaan beberapa minggu terakhir ini, mulai dari upacara Hari Raya Saraswati akhir Januari, Pagerwesi awal Februari hingga Nyepi yang jatuh pada, Maret 2021, desa adat juga harus mempersiapkan pelaksanaan upacara secara protokol kesehatan (Prokes).

Bahkan, pihak pecalang desa adat juga ikut melakukan penjagaan agar tidak ada kerumunan saat melaksanakan persembahyangan dihari-hari tersebut. Bendesa Adat Kerobokan, AA Putu Sutarja, Minggu (31/1/2021) mengatakan untuk pencegahan Covid-19, Desa Adat Kerobokan masih melaksanakan kegiatan edukasi. Tidak hanya itu, sidak untuk penegakan prokes masih tetap dilakukan hingga saat ini. ”Untuk wilayah Desa Adat Kerobokan saya melihat masih banyak warga negara asing yang tidak taat prokes, utamanya tidak memakai masker. Ini perlu ada komunikasidengan instansi terkait,” ujarnya.

Baca juga :  KemenPAN-RB Lakukan Ini di MPP Badung

Dia juga mengatakan dalam memberikan informasi kepada wisatawan asing ini perlu ada pendampingan dari instansi terutamanya pihak Imigrasi agar mereka taat prokes. “Apalagi kita di desa adat menghadapi kegiatan hari raya yang cukup banyak dalam beberapa Minggu kedepan ini. Kalau saya di Desa Adat Kerobokan sudah kita imbau agar krama Desa Adat Kerobokan melaksanakan upacara hari raya Saraswati hingga Pagerwesi dilaksanakan di rumah masing-masing untuk menghindari kerumunan. Kami juga akan mengatur warga jika ada yang nangkil ke pura kahyangan tiga saat hari raya tersebut, secara bergiliran dengan menugaskan pecalang di masing-masing pura kahyangan tiga,” ujarnya.

Baca juga :  Bersih-bersih Bale Banjar, Sutapa Tewas Disapu Expander

AA Sutarja yang juga Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Badung ini juga mengatakan untuk kegiatan upacara melasti yang akan dilaksanakan pada Maret, pihaknya sudah melihat adanya keputusan bersama dari PHDI dan MDA Provinsi Bali. “Untuk pelaksanaan upacara melasti di kawasan terdekat, kami di Desa Adat Kerobokan akan melaksanakan melasti ngubeng yang artinya pratima ida batara tidak lunga ke segara. Hanya dilaksanakan oleh para pemangku dan serati yang ada di pura kahyangan tiga saja,” paparnya. (115)

Baca juga :  Wujudkan Kedonganan Aman, Desa Adat Lakukan Ini

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini