Banyu Pinaruh, Pantai di Klungkung Lengang

0
5
Picsart 01 31 07.03.50
JAGA PANTAI - Petugas saat berjaga di Pantai Watu Klotok saat pelaksanaan Banyu Pinaruh, Minggu (31/1/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Sejumlah pantai di Kabupaten Klungkung terlihat lenggang saat pelaksanaan Banyu Pinaruh, Minggu (31/1/2021). Kondisi ini, terlihat di Pantai Watu Klotok, Desa Tojan, Klungkung.

Kondisi ini terjadi lantaran akses masuk menuju pantai dijaga ketat petugas dari desa adat, serta pihak kepolisian dan TNI.

Petugas dan pecalang terlihat mencegah masyarakat masuk agar tidak terjadi kerumunan dan berpotensi menimbulkan penyebaran Covid-19. Warga yang hendak melakukan ritual Banyu Pinaruh disarankan dengan baik-baik untuk tidak melaksanakannya di pantai. Tak sedikit warga yang ingin melukat di pantai harus balik lagi membawa kendaraannya.

Baca juga :  Dua Proyek Pendukung Pariwisata di Klungkung Ditunda

Kasatpol PP Klungkung, I Putu Suarta ketika dikonfirmasi mengatakan tim Satgas Penanganan Covid-19 Klungkung sudah mulai memantau pesisir pantai sejak pukul 06.00 Wita. Pemantauan dilakukan mulai dari pesisir barat Klungkung, yakni Pantai Tegal Besar, hingga pesisir timur di Pantai Pesinggahan. Dari hasil pemantauan, tidak ada kerumunan di pantai saat pelaksanaan banyu pinaruh.

” Masyarakat sudah pada taat pada imbauan pemerintah. Sejumlah pantai sepi saat Banyu Pinaruh ini, dan ini berarti ketaatan masyarakat cukup tinggi,” ungkap Putu Suarta.

Baca juga :  Buntut Kasus Rabies, Perizinan KSP Sumber Rejeki Terbongkar

Pihaknya pun meminta agar ritual banyu pinaruh dilakukan di rumah masing-masing warga, mengingat ritual melukat bisa dilakukan dengan memakai air kumkuman. (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini