Memutus Penyebaran Covid-19, Masyarakat Kuncinya

0
6
Memutus Penyebaran Covid-19, Masyarakat Kuncinya
DIDENDA – Salah seorang premotor tanpa masker didenda terjaring razia Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Madyarakat (PPKM) dan prokes di Jl. Kerta Negara Denpasar, Senin (1/2).

Ubung, DenPost

Masyarakat menjadi kunci utama dalam memutus penularan pandemi Covid-19 yang belakangan ini terus meningkat. Masyarakat banyak yang ogah disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat bepergian.

”Kalau masyarakat disiplin mematuhi prokes dan mengurangi bepergian, menjaga jarak dan menghindari kerumunan niscaya positif virus corona di Denpasar cepat turun,’’ kata Kasatpol PP Kota Denpasar, I Dewa Gede Anom Sayoga di sela-sela razia prokes di Jl. Kerta Negara Ubung, Senin (1/2/2021).

Anom Sayoga mengaku, sumber penyebaran virus corona di Denpasar karena kurang disiplinnya masyarakat. Suka tidak suka semua lapisan masyarakat harus meningkatkan gerakan disiplin prokes. Sebab, masih banyak ditemukan makan bersama, kumpul-kumpul dan pelaksanaan upacara melibatkan banyak orang sehingga memunculkan klaster baru Covid-19. Masyarakat berangkat ke tempat kerja dan pasar lalai memakai masker berpotensi mempengaruhi penyebaran virus corona.

Baca juga :  Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P., Sejahterakan Petani Kopi di Bali-Nasional

”Kita gencarkan pendisiplinan masyarakat melalui razia Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) agar dapat menekan penyebaran virus corona di Denpasar. Nemun apa yang terjadi di lapangan positif virus corona fluktuatif akibat masyarakat ogah mematuhi prokes,’’ ujar Anom Sayoga.

Dia menegaskan, pendisiplinan masyarakat di masa pandemi virus corona harus gencar dilakukan. Masyarakat sebagai benteng pencegahan penularan Covid-19 tidak boleh lengah dan mematuhi prokes. Disiplin prokes wajib dilakukan, karena masyarakat selaku pemeran utama memutus penyebaran Covid-19.

Baca juga :  Penusukan Warga Sumba, Ini Motifnya

Apalagi, Kota Denpasar sebagai pusat perdagangan dan perekonomian otomatis mobilitas warga pendatang cukup tinggi dan banyak bekerja di Denpasar meskipun pandemi Covid-19. ”Kami berharap masyarakat tetap waspada dan menjaga kesehatan agar terhindar dari penularan virus corona,’’ harap Anom Sayoga.

Ia mengungkapkan razia PPKM di Jl. Kerta Negara Ubung, Denpasar Utara menyasar pengendara motor dan mobil. Dari operasi gabungan ini mendenda tujuh premotor dan dua orang diberi peringatan sekaligus pembinaan salah memakai masker. ”Kami mengajak masyarakat dan pelaku usaha disiplin mematuhi prokes agar mata rantai penularan virus corona dapat diputus,’’ ucapnya. (103)

Baca juga :  Rem Blong, Truk Hantam Pedagang Cendol dan Cilok

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini