Terkait Potensi Gempa Selatan Bali, BMKG Wilayah III Harapkan Ini

0
5
Picsart 02 02 07.40.54
CUACA BALI - Potensi cuaca Bali dari BMKG.

Kuta, DENPOST.id

Seperti yang disampaikan dalam rilis BMKG, selatan Bali masuk zona duga aktif Januari 2021. Terkait hal ini, diharapkan pemangku kepentingan dan masyarakat paham ancaman bencana di Bali, dan melakukan penguatan dan antisipasi sedini mungkin.

Harapan ini, disampaikan Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar, Iman Fatchurochman yang dihubungi, Selasa (2/2/2021).

Iman memaparkan sebetulnya hampir seluruh wilayah Indonesia, termasuk Bali berpotensi terjadi gempa. Hal ini dikarenakan lokasi Indonesia, berada pada pertemuan lempeng bumi. Bali sendiri, sambung dia mempunyai potensi kegempaan di selatan dan di utara. Di selatan Bali, ada pertemuan lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia yang berpotensi menimbulkan gempa-gempa signifikan dan berpotensi tsunami.

Baca juga :  Terkait Dugaan Korupsi Miliaran Rupiah, Polisi Bidik Salah Satu LPD di Abiansemal

Sedangkan di utara Bali, ada terusan Flores Back Arc Thrust (patahan naik busur belakang Flores) yang berpotensi menimbulkan gempa-gempa merusak.
“Maka dari itu, setelah kita menyadari ancaman bencananya kita berupaya untuk melakukan dan memperkuat mitigasi gempa bumi dan tsunami untuk meminimalisir korban jiwa,” ujarnya.

Selain itu, harapannya ke pemangku kepentingan dan masyarakat paham ancaman bencana di Bali, dan melakukan penguatan dan antisipasi sedini mungkin, sehingga dapat meminimalisir korban.
“Sementara ini dengan BPBD kami sudah koordinasi dengan baik. Melakukan sosialisasi dan dialog interaktif melalui media demi memberikan pemahaman kepada masyarakat. Kemudian membangun sistem observasi deteksi gempa dan sistem peringatan dini. Harapannya sebelum terdampak bencana sudah ada warning kepada masyarakat,” ujar Iman. (113)

Baca juga :  Bali Raih Penghargaan Strategi Pencegahan Korupsi Terbaik Nasional

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini