Gugah Semangat Milenial, Rai Wirajaya Refleksikan Makna Perjuangan

0
3
Picsart 02 02 08.49.02
EMPAT PILAR - Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya dalam sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di Gedung Bisabilitas Denpasar, Selasa (2/2/2021).

Dangri Kangin, DENPOST.id

Kekayaan alam dan keragaman budaya di Indonesia, menjadi materi yang dipaparkan Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya dalam sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di Gedung Bisabilitas Denpasar, Jl. Kamboja No. 4, Denpasar, Selasa (2/2/2021).

Dia berharap materi itu, menggugah kecintaan milenial kepada Indonesia.
“Di tengah pandemi, edukasi tentang ideologi kebangsaan tidak boleh kendur. Maka kami tetap gelar tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang disiplin,” kata Rai Wirajaya.

Baca juga :  Lagi, 2 Pasien Covid-19 di Denpasar Meninggal

Agar jangkauan tetap luas, kegiatan yang melibatkan para mahasiswa di Bali ini dilakukan dalam jaringan dan luar jaringan. Kendati peserta yang hadir terbatas, puluhan peserta antusias dan aktif mengajukan pertanyaan melalui daring maupun luring, sehingga diskusi berlangsung hangat penuh kekerabatan. Selain ideologi kebangsaan, materi yang menghadirkan dua akademisi lainnya juga membahas esensi perjuangan di tengah pandemi Covid-19.

Dr. Dra. I Gusti Ayu Diah Yuniti menerangkan, Negara Indonesia cukup matang dengan nilai-nilai perjuangan yang ditandai gugurnya para pahlawan. Di era pandemi, esensi perjuangan salah satunya dimaknai dengan mendukung arahan pemerintah daerah dalam menangani pandemi Covid-19. Lebih dalam tentang esensi perjuangan, akademisi Ir. Ketut Witarka Yudiarka mengatakan perjuangan merupakan implementasi semangat para kaum pemuda. Salah satunya ditandai Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober. Maka dari itu, Witarka mengajak pemuda untuk menjiwai makna perjuangan.

Baca juga :  Terjaring Razia Prokes, Puluhan Pemotor Langsung Diedukasi

Rai Wirajaya menambahkan, program rutin ini diharapkan dapat mencegah pengaruh radikalisme maupun ketidakpercayaan kepada negara yang memapar pemuda. Dia juga mengajak pemuda untuk bangga atas Negara Indonesia yang begitu majemuk dan kaya raya atas adat, budaya dan potensi alam. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini