Jelang Pujawali, Bale Agung di Pura Gria Hancur Ditimpa Pohon Beringin

0
5
Picsart 02 03 03.42.39
TUMBANG - Pohon beringin berusia ratusan tahun tumbang dan menimpa bangunan bale agung di Pura Gria, Dusun Sebuluh, Desa Bungamekar, Nusa Penida, Klungkung, Rabu (3/2/2021). DENPOST.id/ Ist

Semarapura, DENPOST.id

Sebuah pohon beringin berusia ratusan tahun tumbang dan menimpa salah satu bangunan di Pura Gria, Dusun Sebuluh, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (3/2/2021). Akibat kejadian tersebut, penyengker dan bangunan bale agung yang berada di areal pura hancur. Padahal akan dilaksanakan pujawali di pura tersebut betepatan Hari Tumpek Landep (13/2/2021).

Perbekel Bunga Mekar, I Wayan Yasa, ketika dimintai konfirmasi mengungkapkan, pohon beringin tumbang terjadi sekitar pukul 03.00 Wita.

Baca juga :  WNA Dalam Pengawasan Dirawat di RSUD Klungkung, Ini Kata Suwirta

“Awalnya hujan gerimis, lalu ada angin nglinus sebentar. Setelah itu warga sekitar mendengar suara gemuruh yang cukup keras. Ternyata setelah dicek pohon beringin yang berada di sebelah barat Pura Gria tumbang,” ungkap Yasa.

Menurut Yasa, pohon beringin itu diperkirakan memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan diameter sekitar 1 meter. Pohon itu juga diperkirakan berusia ratusan tahun, sehingga disakralkan masyarakat sekitar.

“Kondisi pohon beringin itu memang sudah rapuh, mungkin karena usianya yang sudah tua,” ungkap Yasa.

Baca juga :  Ribuan Pekerja Dinonaktifkan Jadi Peserta BPJS Kesehatan

Dengan adanya kejadian tersebut, warga kemudian meminta bantuan petugas BPBD untuk membersihkannya. Termasuk meminta petunjuk secara niskala kepada orang pintar.
“Kalau kerugian diperkirakan lebih dari Rp 200 Juta. Apalagi bangunan bale agung yang hancur ditimpa penuh ukirannya,” pungkas Yasa. (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini