PPDN Masuk Bali Masih Diawasi

0
6
PPDN Masuk Bali Masih Diawasi
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 dr Gusti Agung Putu Arisantha

Negara, DenPost

Pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang masuk ke Bali masih diawasi.  PPDN tetap wajib mengantongi rapid test antigen selama PPKM (pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat) Jawa-Bali.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 dr Gusti Agung Putu Arisantha, Kamis (4/2) mengatakan rapid tes antigen bagi PPDN masih diharuskan di Gilimanuk. Ini juga sebagai upaya skrining bagi PPDN yang masuk Bali.

Rapid antigen min H-2 dan jika dalam pemeriksaan tidak mengantongi surat keterangan rapid tes antigen hasil negatif bisa melakukan rapid di pelabuhan. “Jika orang Jembrana esoknya langsung di-swab. Jika luar Jembrana dikoordinasikan dengan satgas asal dari PPDN tersebut. Sejatinya sama dengan hari biasa namun lebih diperketat saja,” jelasnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk pencegahan.

Baca juga :  Targetkan Vaksinasi Nakes di Jembrana Segera Tuntas

Sementara itu sejak pemberlakuan dan pendirian pos check point, Pemerintah Provinsi Bali memberikan bantuan rapid test antigen bagi sopir logistik gratis. Klinik tes rapid antigen disediakan di dalam areal Pelabuhan. Klinik ini melayani PPDN baik mandiri maupun sopir kendaraan barang logistik. Berbeda saat pembatasan liburan akhir tahun lalu, dimana disediakan posko khusus untuk rapid tes sopir dan awak kendaraan logistik.
Namun kini semua dilaksanakan di pelabuhan.

Baca juga :  Truk Pengangkut Semen Terguling, Sopir Sempat Terjepit

Di klinik rapid test dari Kimia Farma, rapid tes antigen ada subsidi dari Pemerintah Provinsi Bali.
Bagi sopir angkutan logistik tidak membayar alias gratis, namun didata dari petugas Dinas Perhubungan yang berjaga di depan klinik. Sedangkan PPDN yang mandiri, juga mendapat subsidi potongan harga. Dari semula Rp 250 ribu per orang, sekarang Rp 160 ribu per orang.
“Layanan ini masih berlaku di pelabuhan karena masih ada subsidi,” kata Arisantha. (120)

Baca juga :  Rumah Pemangku Terbakar, Diduga Akibat Dupa

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini