Longsor, Dapur Warga di Tegallalang Rusak

0
6
Picsart 02 04 07.39.50
DAPUR RUSAK - Bangunan dapur milik Made Wartana di Banjar Gajah, Tegallalang, Gianyar yang rusak tertimbun longsor, Kamis (4/2/2021).

Gianyar, DENPOST.id

Hujan yang terjadi di Kabupaten Gianyar dan sekitarnya mengakibatkan terjadinya sejumlah bencana. Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Gianyar, Kamis (4/2/2021) di antaranya bangunan dapur milik Made Wartana di Banjar Gajah, Tegallalang, Gianyar yang terperosok karena tanah longsor.

Beruntung tempat tinggal warga ini selamat dan masih bisa ditempati. Sementara untuk aktivitas dapur, BPBD Gianyar sudah melakukan evakuasi memindahkan alat-alat ke tempat lebih aman.

Terhadap bencana ini, petugas BPBD Gianyar membawakan bantuan sandang dan pangan ke lokasi. Bantuan tersebut berupa beras, selimut, mantras dan lainnya. 

Baca juga :  Kerangka Manusia Diduga Nenek Kenjar, Dilaporkan Hilang 11 Bulan

Sementara bencana hujan angin belum berakhir. Pada, Rabu (3/2/2021) pukul 18.59 Wita, pohon tumbang menimpa bangunan rumah milik I Ketut Supa (55) di Banjar Petak, Desa Petak Kaja, Kecamatan Gianyar. Tidak ada korban, namun sejumlah bangunan di rumah Ketut Supa mengalami kerusakan. Pohon Jabon sepanjang 15 meter dengan diameter 30 centimeter milik tetangganya itu, menimpa pagar rumah, genteng rumah dan palinggih penungun karang rumah milik korban. Akibat kejadian itu, pemilik rumah mengalami kerugian mencapai Rp10 juta.

Baca juga :  Pulang ke Rumah Orang Tua, Ela Gantung Diri

Di lokasi berbeda juga terjadi pohon tumbang menghadang Jalan Desa Buahan, Kecamatan Payangan. Pohon sepanjang 5 meter dengan diameter 30 centimeter itu juga menyeret kabel listrik hingga menyentuh tanah. Beruntung kabel listrik terbungkus, sehingga tidak ada korban jiwa.

Pohon tumbang juga terjadi di Banjar Susut, Desa Buahan, Kecamatan Payangan. Kayu Cempaka dengan diameter 35 cm melintang jalan dan mengenai kabel listrik. Hujan angin juga menyebabkan tanah longsor di Banjar Lebah, Desa Bukian, Kecamatan Payangan.

Baca juga :  Kopi Dicampur Obat Tidur, Wagito Embat Motor dan HP Korban

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, IGN Dibya Presasta seizin Kalaksa BPBD Gianyar, Ida Bagus Putu Suamba mengatakan banyaknya musibah ini terjadi karena cuaca ekstrim. Terhadap musibah ini, petugas BPBD Gianyar sudah turun ke sejumlah lokasi bencana melakukan evakuasi. “Kami imbau masyarakat untuk selalu waspada terutama yang tinggal dekat tebing dan dekat dengan pohon besar. Kami juga minta bagi warga yang memiliki pohon besar dekat rumah agar dipangkas rantingnya,” ujarnya. (116)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini