Viral Gara-gara Tidur di Kandang Sapi, Ini Fakta Kehidupan Made Kaler

0
15
Viral Gara-gara Tidur di Kandang Sapi, Ini Fakta Kehidupan Made Kaler
LAYAK HUNI - Kaler sedang berada di rumahnya yang layak huni.

Amlapura, DENPOST.id

Made Kaler, warga asal Banjar Dinas Mumbul, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, sepekan terakhir viral di media sosial. Dalam sebuah postingan, Kaler disebut tinggal di sebuah gubuk sebelah kandang sapi dalam kondisi nelangsa. Ditambah kondisi tubuhnya yang kurus kering banyak menuai simpati. Mengecek langsung ke kediamannya, fakta mengejutkan terungkap. Kaler ternyata memiliki sebuah rumah layak tinggal.

Kapolsek Bebandem, AKP I Wayan Sukarita, bersama jajaran, Kamis (4/2/2021) lalu mendatangi rumah Made Kaler. Dari pihak keluarga ia mendapatkan fakta, bahwa Kaler tinggal di gubuk hanya untuk menjaga empat sapi miliknya. “Dia punya rumah layak, bantuan bedah rumah pada 2017 lalu, ” ungkap Sukarita.

Baca juga :  BK DPD RI Usut Persoalan AWK ke Klungkung

Rumah tersebut berada dekat gubuk dan kandang sapi milik kaler. “Di rumahnya dia tinggal bersama keluarga kakaknya dan ibunya, Nyoman Bagia,” imbuhnya.

Di rumah tersebut, Kaler disediakan satu kamar. Namun jarang ia tempati karena memilih tinggal di gubuk tersebut. “Menurut keluarganya, dia sangat sayang pada sapinya. Bahkan saat ada yang mau membeli dia menolak karena saking sayangnya,” imbuh Sukarita.

Terkait kondisi tubuh yang kurus kering, ibu Kaler, Nengah Bagia mengungkapkan jika Kaler jarang makan. “Tiga kali tapi sedikit-sedikit. Minum air jarang. Dia baru bisa bicara jelas sejak 2 tahun lalu. Sebelum itu, kalau bicara tidak terdengar atau pakai isyarat,” beber Bagia.

Baca juga :  Simpan SS, Pemuda Asal Songan Ditangkap

Kaler dikenal sosok yang ulet bekerja. Dia memelihara empat ekor sapi dengan menyabit rumput 3 kali sehari hingga keluar desa.

Sementara itu, Kepala Dusun Mumbul, I Wayan Sudarma mengungkapkan, keluarga Kaler menerima bantuan bedah rumah tahun 2017 lalu. Per bulannya ia juga menerima bantuan dari BNPT sebesar Rp 200 ribu. “Kalau dibilang miskin rasanya tidak, karena punya sapi dan tanah tinggal, ” pungkasnya. (yun)

Baca juga :  Lakukan Ini, Yoga Pranata Raup Puluhan Juta Rupiah

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini