DLH dan Komunitas Eco Enzyme Lakukan Disinfeksi Berbahan Ini

0
10
Picsart 02 07 02.27.35
ECO ENZYME - DLH dan Komunitas Eco Enzyme, saat melakukan disinfeksi di wilayah Kota Amlapura.

Amlapura, DENPOST.id

Berbahan sampah buah dan sayur yang diolah menjadi eco enzyme, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karangasem bersama Komunitas Eco Enzyme Karangasem berkeliling kota Amlapura melakukan disinfeksi, Minggu (7/2/2021).

Berbahan organik, disinfeksi ini juga bermanfaat sebagai pembersih udara. Kadis Lingkungan Hidup Karangasem, I Gede Yudiantara mengungkapkan selain bermanfaat dari segi kesehatan, upaya ini bisa menjadi salah satu langkah menyikapi TPA yang mulai overload.

Baca juga :  Pasien Sembuh 88 Persen, Satgas Jembrana Minta Prokes Diperketat

“Sampah buah dan sayur dapat diolah jadi eco enzyme. Manfaatnya sangat banyak dan tak berefek samping karena bahan organik. Kedepannya akan kita kembangkan di tiap pasar, sehingga target kami yang dibuang ke TPA hanya sampah yang tidak bisa diolah, ” paparnya.

Sementara Ketua Komunitas Eco Enzim Karangasem, dr. Ketut Budiarta mengungkapkan di tengah pandemi upaya menjaga kebersihan lingkungan sangat penting. Salah satunya kebersihan udara yang jarang mendapat perhatian. “Kami sengaja menyasar perkotaan, karena polusi udara banyak terjadi di perkotaan,” ungkapnya.

Baca juga :  Sidak Pasar Amlapura, Komisi II Kecewa

Pihaknya berharap kedepannya semua pihak dapat melakukan upaya ini, khususnya memanfaatkan sampah buah dan sayur untuk diolah menjadi eco enzyme. “Semoga kegiatan seperti ini dapat dilakukan di tingkat yang paling kecil,” pungkasnya. (yun)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini