Tiga Desa di Nusa Penida Tidak Terlayani Air Bersih, PDAM Lakukan Ini

0
5
Tiga Desa di Nusa Penida Tidak Terlayani Air Bersih, PDAM Lakukan Ini
Dirut PDAM Klungkung, Nyoman Renin Suyasa

Semarapura, DENPOST.id

Komisi III DPRD Klungkung bersama Bapemperda melakukan rapat koordinasi dengan Pemkab dan PDAM terkait rencana induk setelah menjadi Perusahaam Umum Daerah (Perumda), Selasa (9/2/2021). Dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Klungkung, I Wayan Baru tersebut terungkap kalau PDAM berencana meminjam uang dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebanyak Rp74 Miliar menuju 100 persen pelayanan air minum pada tahun 2023.

Dana pinjaman PEN tersebut rencananya tidak hanya digunakan untuk mengatasi persoalan air bersih di Klungkung daratan, namun juga di Nusa Penida. Menurut Direktur PDAM Klungkung, Nyoman Renin Suyasa, dana PEN di Nusa Penida rencananya digunakan untuk meningkatkan sumber mata air di Penida dan di  Guyangan. Apalagi ada tiga desa di Nusa Penida yakni Sekartaji, Tanglad dan Pejukutan yang belum terlayani air bersih.

Baca juga :  Suwirta Bubarkan Anak-anak Nongkrong dan Berolahraga

“Sesuai perencanaan, total biaya yang dibutuhkan dari dana PEN untuk melayani air bersih di Nusa Penida sekitar Rp 48 Miliar. Dana itu untuk Nusa Penida saja,” ungkap Nyoman Renin.

Sementara untuk pelayanan air bersih di Klungkung daratan, pinjaman dana PEN sebesar Rp 15 Miliar akan digunakan untuk melakukam peremajaan jaringan atau pipa. Karena menurut Nyoman Renin, banyak jaringan di Klungkung  sudah tua. Di samping itu perlu ada genzet tambahan di sumber mata air Rendang sebagai cadangan daya jika terjadi listrik padam.

Baca juga :  Sempat Masuk DPO, Terpidana Kasus Korupsi Ditangkap

“Kalau listrik mati tiga jam, maka perlu normalisasi air selama dua hari. Tapi kita punya program jangka pendek yakni mengganti pipa yang sudah tua dan menambah pompa. Karena banyak pipa yang rusak dan tertimbun pascaerupsi Gunung Agung,” pungkasnya.  (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini