Aspek Legalitas Aset, Tentukan Mutu Pelayanan Puskesmas

0
6
Picsart 02 10 09.16.24
RAPAT - Wabup Suiasa, saat memimpin rapat pengelolaan aset tanah Bangunan Puskesmas Kabupaten Badung, di Puspem Badung, Rabu (10/2/2021).

Mangupura, DENPOST.id

Puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan untuk masyarakat dibentuk sebagai salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan tingkat dasar di masyarakat. Pelayanan kesehatan di puskesmas harus memenuhi aspek yang ditetapkan di dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI.

Dalam Permenkes sudah diatur segala hal yang berkaitan dengan fungsi, tugas pokok dan syarat minimal pendirian, gedung, standar SDM dan standar peralatan yang harus dimiliki puskesmas. “Keberhasilan pelayanan kesehatan di puskesmas atau puskesmas pembantu dapat ditentukan dari terpenuhinya semua aspek legalitas termasuk legalitas aset yang ada untuk meningkatkan mutu pelayanan di puskesmas,” ujar Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, saat memimpin rapat pengelolaan aset tanah Bangunan Puskesmas Kabupaten Badung, di Ruang Kriya Gosana Puspem Badung, Rabu (10/2/2021).

Baca juga :  Di Legian, WNA Pun Tunggu Razia Perut Lapar

Hadir Kepala Dinas Kesehatan dr. Nyoman Gunarta; Kadis PUPR IB Surya Suamba; Kadis LHK Wayan Puja; Kadis DPMPTSP Agus Aryawan; Dirut RSD Mangusada dr. Ketut Japa, camat se-Kabupaten Badung dan Kabid Aset BPKAD Nengah Nurjana.

Dalam pertemuan tersebut, Wabup Suiasa juga menyampaikan pendataan pengelolaan dan penguatan legalitas aset merupakan sumber daya yang penting bagi puskesmas. Karena manajemen aset menjadi hal yang penting dalam mendukung usaha meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan kesehatan. “Ini merupakan kebutuhan konstitusional, untuk itu kita Pemkab Badung berupaya menguatkan legalitas dan ijin operasional dari puskesmas yang ada di Badung. Namun mengingat kegiatan ini melibatkan lintas sektoral di antara beberapa OPD, untuk itu perlu ada upaya kerja yang sinkron agar bisa berjalan secara paralel,” imbuhnya. (115)

Baca juga :  Ke Bali Lewat Bandara, Boleh Tunjukkan Hasil Swab PCR Atau Rapid Antigen

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini