Giliran 1.344 Anjing Peliharaan di Banjar Se-Pemecutan Divaksin

0
6
Picsart 02 12 11.42.00
DIVAKSIN – Dokter hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, saat memvaksin anjing peliharaan warga di Kelurahan Pemecutan, Denbar, Kamis (11/2/2021).

Pemecutan, DENPOST.id

Setelah menyelesaikan misi vaksinasi anjing di Desa Pemecutan Kelod dan Desa Padangsambian Kelod, Dinas Pertanian Kota Denpasar menyasar banjar se-Kelurahan Pemecutan, Denpasar Barat. Dari hasil vaksinasi hewan penular rabies (HPR) yang berakhir, Kamis (11/2/2021) memvaksin 1.344 anjing (64,74 persen) dari populasi 2.076 ekor.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, Drh. Made Ngurah Sugiri didampingi Kasi Kesehatan Hewan Drh. IA Made Sri Martini, Jumat (12/2/2021) mengatakan belasan banjar disasar memvaksin anjing peliharaan, liar dan diliarkan untuk mencegah penularan rabies di masa pandemi Covid-19. Vaksinasi anjing tahun 2020, hanya mencapai 4 persen lebih dari pupulasi yang tersebar di empat wilayah kecamatan sebanyak 89.796 ekor.

Baca juga :  Kedua Paslon Pilwali 2020 Jalani Uji Kesehatan

”Kami memvaksin anjing menerapkan pola jemput bola ke rumah warga, menyusuri tempat umum seperti kuburan, lahan kosong dan tempat strategis lainnya mencari anjing liar dan diliarkan,’’ kata Ngurah Sugiri.

Pihaknya melakukan vaksin dibantu dokter mandiri dari yayasan karena tenaga dokter hewan di Dinas Pertanian cukup terbatas, sehingga tidak bisa menjangkau lebih banyak melakukan vaksinasi. Vaksinasi dilanjutkan menyasar Kelurahan Dauh Puri, Dauh Puri Kangin, Dauh Puri Kauh, Dauh Puri Kelod, Padangsambian, Padangsambian Kaja, Tegal Kerta dan Tegal Harum.

Baca juga :  Tercium Bau Menyengat, Pria Asal Surabaya Ditemukan Tergantung

”Kami sudah jadwalkan turun ke lapangan bersama tim setiap hari melakukan vaksin anjing di masing-masing banjar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes),” ujarnya.

Vaksin anjing ini, lanjut dia, untuk mempertahankan Denpasar tetap bebas (zero) rabies selama 4 tahun dari 2017 ampai Februari 2021. “Kami minta masyarakat yang mau melakukan vaksinasi agar datang ke Kantor Dinas Pertanian dan masing-masing kantor kecamatan dan juga UPTD Pusat Kesehatan Hewan Kota Denpasar. Karena dokter hewan sudah siap siaga di masing-masing kantor kecamatan,” tandasnya. (103)

Baca juga :  Soal Jembatan Selat Bali, Begini Reaksi PHDI

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini