Antisipasi Pohon Tumbang, Belasan Truk Dikerahkan untuk Ini

0
4
Picsart 02 14 09.50.50
ROMPES POHON – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, saat melakukan perompesan pohon perindang di Jl. A. Yani, Minggu (14/2/2021).

Lumintang, DENPOST.id

Cuaca ekstrim disertai hujan deras mengguyur Kota Denpasar belakangan ini, mengakibatkan banyak pohon perindang tumbang. Sebelum roboh, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar melakukan perompesan dengan mengoperasikan belasan truk dan empat mobil tangga setiap hari.

”Kita siaga penuh mengantisipasi hujan deras dan angin kencang dengan merompes atau memotong dahan pohon perindang cukup membahayakan dengan mengoperasikan belasan armada truk dan empat mobil tangga. Belasan truk tersebut mengangkut ranting atau pohon yang dipotong,’’ kata Plt. Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa, Minggu (14/2/2021).

Baca juga :  Pitra Bakti, Disdukcapil Klungkung Hanya Siapkan Anggaran Segini

Putra Wirabawa menjelaskan selain melakukan perompesan dahan pohon pagi sampai siang, pasukannya juga melakukan tugas malam hari memantau pohon tumbang saat hujan deras disertai angin kencang. Bila ada masayarkat melaporkan ada pohon perindang tumbang, pihaknya melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) turun bersama memotong pohon tumbang.

”BPBD menjadi ujung tombak menangani pohon tumbang dan kita mem-back up penuh membatu armada truk mengangkut pohon yang dipotong dibuang ke TPA Suwung,’’ ujar Putra Wirabawa.

Baca juga :  Usai Disuntik Vaksin, Banyak yang Ngaku Lapar

Putra Wirabawa mengungkapkan pihaknya hari ini melakukan perompesan pohon perindang di Jl. Sahadewa dan Jl. A. Yani. Mengingat pohon perindang ini cukup rimbun dahannya dan kalau diterpa angin kencang disertai hujan deras cukup membahayakan warga sekitar maupun pengendara mobil.

Bila ada laporan melalui telepon atau permintaan perompesan melalui surat segera dilakukan survei. Kalau pohon tinggi dan situasinya membahaykan langsung ditangani. ”Petugas kita di lapangan melakukan perompesan pohon terbatas, sehingga diperlukan informasi dari masyarakat,’’ terangnya. (103)

Baca juga :  Wakili BNN RI, Gubernur Koster Serahkan Penghargaan untuk Desa Pemogan

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini