Pengurus Gianyar Dibekukan, PMI Provinsi Tepis Isu “Cuci Tangan”

0
5
Pengurus Gianyar Dibekukan, PMI Provinsi Tepis Isu “Cuci Tangan”
Ketua PMI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra

Dauh Puri, DENPOST.id

Organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Gianyar bermasalah. Selain dugaan penyalahgunaan anggaran yang berasal dari Pemkab Gianyar, pengurus periode 2016-2021 itu juga bermasalah secara internal karena diduga tak menjalankan program PMI Pusat maupun Provinsi.

Informasi itu dibenarkan Ketua PMI Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra, ketika diwawancarai pada Selasa (16/2/2021) via telepon. Dia menerangkan, saat ini pengurus PMI Gianyar telah dibekukan. Itu keputusan PMI Pusat yang juga atas usulan PMI Provinsi Bali.

Baca juga :  Soal Penanganan Covid-19, Koster Sebut Ada Pihak Asal Kritik

“Saat ini sudah dipilih Plt (Pelaksana Tugas). Plt-nya dr. Lanang Rudiartha yang juga Kabid Organisasi PMI Bali,” terangnya. Dia juga menepis bahwa ada upaya “cuci tangan” PMI Bali atas tindak penyalahgunaan dana di PMI Gianyar. Dia menyebut itu merupakan ranah Pemda Gianyar. Sedangkan langkah pembekuan pengurus bertujuan untuk menyelamatkan citra organisasi.

“Kesimpulannya, kami ingin menyelamatkan organisasi,” tegasnya. Dia mengaku tidak turut campur dalam proses hukum kasus tersebut. Bahkan dia mengaku tak mengetahui sejauh mana perkembangan kasus tersebut.

Baca juga :  Lagi, Satu Pasien di Karangasem Dalam Pemantauan

Namun dari penjelasannya, Alit Putra menyayangkan peristiwa itu terjadi. Dibanding dengan cabang kabupaten/kota lain, Cabang Gianyar mendapat dukungan anggaran yang cukup banyak dari Pemkab. Bahkan jumlahnya sebanding dengan nilai dukungan anggaran yang dikelola PMI Provinsi.

Sebelum kasus penyalahgunaan dana terungkap, Alit Putra menemukan sejumlah kejanggalan dari kepengurusan PMI Gianyar. Salah satu yang dia ucapkan adalah dugaan pengaturan jatah pengurus yang bertujuan agar ketua terpilih kembali.

Baca juga :  Dua Kasus Pembunuhan di Denpasar Belum Terungkap

Dia juga mengulang bahwa PMI Gianyar prinsip organisasi, yakni mendukung dan melaksanakan program yang diagendakan PMI Pusat dan Provinsi. “Ada suatu ketika pertemuan yang merupakan agenda Pusat, namun tidak hadir,” imbuhnya.

Dalam waktu dekat, PMI Provinsi akan melakukan Musyawarah Kabupaten Luar Biasa. Akan ditetapkan pengurus definitif, sehingga program PMI Pusat dan Provinsi dapat dikawal dan dijabarkan dengan optimal. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini