Tunggu Juknis, Vaksinasi Tahap Kedua di Badung Sasar Ini

0
7
picsart 02 16 06.50.58
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, dr. I Nyoman Gunarta.

Mangupura, DENPOST.id

Vaksinasi Covid-19 tahap pertama dengan sasaran tenaga kesehatan (Nakes) telah dilakukan. Kini, vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Kabupaten Badung akan diberikan bagi pekerja publik, lansia, TNI/Polri, ASN dan pedagang pasar.

Hanya saja untuk petunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan vaksinasi ini, Pemkab Badung dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) masih menunggu arahan pemerintah pusat. Vaksinasi Covid-19 tahap kedua akan dilaksanakan pada Minggu keempat Februari 2021 ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, dr. I Nyoman Gunarta menyatakan pihaknya sudah mengadakan rapat dengan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI, terkait pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini. “Kita kemarin sudah rapat dengan Pemerintah Pusat dalam hal ini Wamenkes bahwa vaksinasi tahap kedua akan dilaksanakan pada Minggu keempat di bulan Februari,” ujarnya dikonfirmasi, Selasa (16/2/2021).

Baca juga :  Wujudkan Pariwisata Berkualitas, Pemkab Badung Gelar Gathering Ini

Untuk mengantisipasi kegaduhan dalam pelaksanan, dr. Gunarta mengaku masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari pusat. Sebab, vaksinasi tahap kedua ini menyasar banyak kalangan, yakni mulai pelayan publik, lansia, TNI/Polri, ASN dan pedagang pasar. “Kami masih menunggu teknis mana yang didahulukan agar tidak menimbulkan kegaduhan. Kemarin kami sudah rapat nantinya akan dibawakan petunjuk teknis untuk itu,” kata dr. Gunarta.

Dalam vaksinasi tahap kedua ini, mantan Dirut RSD Mangusada ini juga menyebut akan ada sejumlah perubahan skema dalam pembagian vaksin. Jika pada vaksinasi tahap pertama, vaksin turun di provinsi kemudian baru dibagikan ke kabupaten, namun dalam pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini kemungkinan besar sesuai arahan pusat vaksin akan langsung diberikan ke masing-masing kabupaten/kota. Hanya saja berapa jatah vaksin yang akan diberikan untuk Badung pada tahap kedua ini, dr. Gunarta mengaku sejauh ini belum ada pemberitahuan secara pasti.

Baca juga :  Pemeliharaan Laptop Gratis di Badung Tembus Rp 2 M

“Terkait jumlah vaksin pusat belum memastikan (untuk Badung). Cuma kemungkinan (untuk pengiriman vaksin) berbeda dengan sebelumnya. Bisa langsung ke kabupaten,” jelasnya.

Bila vaksin didrop langsung ke Badung, pejabat asal Sibang Gede, Abiansemal ini mengaku akan tetap disimpan di Instalasi Farmasi Kabupaten (IFK) Badung yang berlokasi di Puskesmas Abiansemal I Blahkiuh. (115)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini