BP Jamsostek Ingatkan Kontraktor Bayar Iuran Sebelum Ini

0
5
picsart 02 19 09.10.56
Kepala BP Jamsostek Cabang Bali Denpasar, Mohamad Irfan.

Sumerta, DENPOST.id

Deputi Direktur Wilayah Banuspa, Toto Suharto mengingatkan agar Perusahaan Jasa Konstruksi (Jakon) atau kontraktor membayar iuran kepesertaan para buruh proyek yang dipekerjakan. Dia mengingatkan agar iuran dibayar sebelum pengerjaan proyek dimulai.

Hal ini agar mereka dapat menerima manfaat BP Jamsostek tatkala mengalami kecelakaan selama bekerja. Pesan itu, dia sampaikan saat diwawancarai, Jumat (19/2/2021) via telepon.

Toto mengungkapkan BP Jamsostek memberikan perlindungan kepada tenaga kerja, baik sektor formal maupun informal. “Khusus untuk proyek, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan berlaku mulai masa perencanaan, pelaksanaan hingga masa pemeliharaan,” ungkapnya.

Baca juga :  Pariwisata Dibuka, Ekonomi Pulih

Sementara Kepala BP Jamsostek Cabang Bali Denpasar, Mohamad Irfan mengungkapkan bahwa diwilayahnya sebagian besar perusahaan di bidang jasa konstruksi telah tertib mendaftarkan proyeknya di BP Jamsostek. Merawat kedisiplinan itu, pihaknya juga menenyelenggarakan Jakon Award periode 2020, sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap perusahaan jasa konstruksi.

Kategori Jakon Award ini, meliputi proyek terbaik, iuran terbaik, tepat waktu daftar kepesertaan jakon dan perusahaan jakon dengan proyek terbanyak. Tahun 2020, kategori proyek terbaik pertama diraih Wijaya Karya Bangunan dalam proyek Hotel Inna Sanur Beach. Sedangkan terbaik kedua dan ketiga diraih oleh Tunas Jaya Sanur dan Bianglala Tirta KSO.

Baca juga :  Satpol PP Denpasar Amankan Duktang Dari Zona Merah

Dengan adanya Jakon Award diharapkan di tahun 2021 ini, perusahaan di bidang jasa konstruksi semakin tertib dalam mendaftarkan proyeknya di BP Jamsostek agar para pekerja dapat terlindungi. Hal itu, menurut dia penting, mengingat pengerjaan konstruksi merupakan jenis pekerjaan dengan risiko tinggi.

Apresiasi kedisiplinan kepada Jakon itu, dipandang strategis oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bali, Drs. Ida Bagus Ngurah Arda. “Kegiatan ini penting untuk diapresiasi sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan kesadaran dari badan usaha di sektor jasa konstruksi untuk melindungi tenaga kerja yang terlibat pada pelaksanaan proyek,” ucapnya. (106)

Baca juga :  Sembuh, Pasien Covid-19 di Padangsambian Kaja Dipulangkan

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini