Pramuka Wajib Adaptif Di tengah Pandemi

0
4
picsart 02 21 03.40.19
Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, I Made Rentin.

Sumerta Klod, DENPOST.id

Sebagai organisasi dengan jumlah anggota yang cukup banyak, membuat pramuka berperan strategis dalam mendukung program pemerintah. Salah satunya berkontribusi dalam menangani pandemi Covid-19 di Bali.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, I Made Rentin, saat ditemui di Denpasar, Minggu (21/2/2021) menegaskan agar anggota pramuka saat adaftif di tengah pandemi. Pesan itu menjadi esensi peringatan Hari Baden Powell ke-164. Dia menyebut di tengah kondisi darurat saat ini, seorang pramuka dituntut untuk tanggap dan memiliki kepedulian, serta sense of crisis atau kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

Baca juga :  Di Denpasar, Satu Pasien Covid-19 Meninggal

“Perjuangan kita masih panjang, jangan pernah lelah terus berkarya dan membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19,” ujarnya.

Sebagai Duta Perubahan Perilaku, dia menyebut pramuka turun ke tengah-tengah masyarakat untuk melakukan KIE atau komunikasi informasi dan edukasi tentang penerapan protokol kesehatan.
Sebagai lembaga pendidikan nonformal di luar sekolah dan di luar keluarga, pramuka menurut dia, memiliki sistem pendidikan yang sangat Holistik dengan Dasa Darma dan Tri Satya.

Baca juga :  PPDB Dipusatkan Daring, Disdikpora Beri Kelonggaran

“Saya harap pramuka mampu meneladani hidup dan menghayati pesan – pesan Lord Robert Baden Powell dalam aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan sebagai seorang pramuka. Perjalanan hidup Bapak Pandu Sedunia dan warisan nilai – nilai dalam aktivitas kepramukaan wajib kita hayati dan laksanakan sebagai seorang pramuka,” ujarnya. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini