Timbulkan Bau Busuk, TPA Butus Disemprot Cairan Ini

0
6
picsart 02 21 05.07.37
ECO ENZYM - Penyemprotan dengan cairan eco enzym di TPA Butus untuk mengatasi bau menyengat dan lalat, Minggu (21/2/2021).

Amlapura, DENPOST.id

Memasok 50 hingga 55 ton sampah, keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Butus di Dusun Linggasana, Desa Buana Giri, Kecamatan Bebandem, Karangasem kerap dikeluhkan warga. Bau busuk dan memancing lalat, membuat warga yang bermukim di sekitar TPA merasa terganggu.

Menanggapi kondisi ini, Komunitas Eco Enzym Karangasem menggandeng Pemkab Karangasem melakukan penyemprotan eco enzym di TPA ini, Minggu (21/2/2021).

Ketua Eco Enzym Karangasem, dr. Ketut Budiarta menuturkan menyuplai 5.000 liter eco enzym, pihaknya menyatakan penyemprotan ini sangat bermanfaat mengurangi bau dan lalat. “Sebelum hari ini, kami sudah lakukan penyemprotan beberapa hari lalu. Menurut petugas di sini memang bau dan lalat menjadi berkurang,” kata Budiarta.

Baca juga :  Kabupatennya Zona Merah Tertinggi di Indonesia, Ini Kata Mas Sumatri

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2021, dihadiri Plh. Bupati Karangasem, I Ketut Sedana Merta. Pihaknya mengungkapkan upaya penyemrotan eco enzym di TPA Butus kedepannya akan diupayakan dilakukan secara reguler.

Pihaknya juga berharap tak hanya TPA, pemanfaatan sampah organik diolah menjadi eco enzym juga dapat dilakukan di tingkat rumah tangga. “Apalagi yang punya usaha dengan mengandangkan ayam, penyemprotan eco enzyme ini juga dapat dilakukan untuk mengurangi bau, ” pungkasnya. (yun)

Baca juga :  Truk Angkut Tanah Uruk Terbalik di Bona

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini