Usai Upacara Tiga Bulanan, 115 Warga Magatelu Diisolasi

0
21
Usai Upacara Tiga Bulanan, 115 Warga Magatelu Diisolasi
DIISOLASI - Kondisi Dusun Magetelu, Desa Tista, Abang, Senin (22/2/2021) pascaratusan warganya diisolasi.

Amlapura, DENPOST.id

Sebanyak 115 warga di Banjar Magatelu, Desa Tista, Kecamatan Abang, Karangasem diisolasi.  Ratusan warga tersebut diisolasi usai ditemukan 33 warga terkonfirmasi Covid-19. Penularan diduga bersumber dari upacara tiga bulanan di salah satu rumah warga.

Kepala Dusun Magatelu, I Made Suardana, menuturkan, sejak beberapa hari lalu telah dilakukan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Menyasar 352 KK, sejak Minggu (21/2/2021) di luar 115 orang yang sempat berinteraksi dengan 33 warga terkonfirmasi diizinkan beraktivitas terbatas. “Warung boleh buka, namun untuk 115 warga tersebut tidak diizinkan sementara berbelanja. Jadi peruntukannya untuk warga yang tidak isolasi,” ungkap Suardana.

Baca juga :  Begini Penuturan Residivis yang Coba Bunuh Bibinya Sendiri

Tak hanya dusun, Pasar Mangsul di wilayah tersebut juga ikut ditutup selama sepekan lebih. “Minggu depan baru kami buka. Untuk menghindari klaster baru,” katanya.

Ditanya terkait kronologi penularan, Suardana menuturkan, bermula dari 2 warga yang sakit usai upacara tiga bulanan. “Dicek ternyata positif. Setelah itu ditelusuri, 13 orang ditemukan. Di telusuri lagi hingga sekarang bertambah total 39. Di mana 33 di antaranya dari warga sini,” paparnya.

Baca juga :  Delapan Nakes Positif Covid-19, IGD RSUD Sanjiwani Gianyar Ditutup Sementara

Usai penemuan 39 kasus, kembali dilakukan penelusuran dan didapatkan 6 orang dalam kondisi reaktif usai uji cepat (rapid test). “Kami terus upayakan edukasi ke seluruh warga. Untuk yang masih isolasi kami beri bantuan sembako dari APBD Des,” pungkasnya. (yun)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini