PPKM Diperpanjang, Klungkung Tak Ada Zona Merah

0
5
picsart 02 22 08.24.07
Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Klungkung, Putu Widiada.

Semarapura, DENPOST.id

Kabupaten Klungkung telah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro dari, 23 Februari 2021 sampai 8 Maret 2021. Langkah inipun dilakukan untuk mengantisipasi terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Apalagi dari peta zonasi desa/lurah, Klungkung saat ini tidak memiliki wilayah yang dikategorikan zona merah dan orange.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Klungkung, Putu Widiada, ketika dikonfirmasi, Senin (22/2/2021) mengatakan kalau perpanjangan PPKM Mikro ini mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 4 tahun 2021. Salah satu poin penting dalam pelaksanaan PPKM Mikro gelombang kedua ini, adalah pengoptimalan Posko Satgas Covid-19, baik di desa maupun kelurahan.

Baca juga :  PDIP Klungkung Ancam Pecat Kader Jika Berani Lakukan Ini

Kini, satgas desa memiliki kewenangan untuk bertanggungjawab atas warganya yang terkonfirmasi Covid-19. Mulai dari pengawasan karantina mandiri di rumah masing-masing hingga memberikan pasokan sembako selama warganya dalam masa karantina.

“Jika ada kasus positif (Covid-19), maka itu menjadi tanggung jawab satgas desa untuk melakukan karantina,” ujar Widiada.

Dalam hal ini, satgas desa tentu tidak sendiri. Apabila pemerintah desa tidak sanggup menanggung seluruh kebutuhan warga selama masa karantina, maka pemkab siap untuk bersinergi memberi bantuan. “Kalau bantuan sembako, pemerintah desa sudah ada anggaran dan pemerintah juga sudah ada anggaran, tentu akan bersinergi. Tapi kalau pemerintah desa sudah memberikan bantuan kebutuhan dasar tentu pemerintah daerah tidak memberikan lagi,” jelasnya.

Baca juga :  Dikawal Ketat Pol Air, Vaksin Didistribusikan ke Nusa Penida

“Selama PPKM Mikro di Kabupaten Klungkung diperpanjang, kita segera menekankan untuk mengefektifkan posko satgas di desa/kelurahan,” tegasnya lagi. (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini