Musim Hujan, Masyarakat Denpasar Diminta Waspadai Demam Berdarah

0
2
picsart 02 23 06.37.28
FOGGING - Pelaksanaan fogging di wilayah Kota Denpasar.

Dauh Puri, DENPOST.id

Di tengah pandemi Covid-19, dan musim hujan belakangan ini, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Denpasar mengajak masyarakat untuk tidak lengah dan waspada terhadap penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Denpasar, dr. IB Eka Putra, Selasa (23/2/2021) menjelaskan meski saat ini sedang masa pencegahan dan penanganan Covid-19, masyarakat juga tetap mewaspadai penyakit DBD. Guna meminimalisir adanya kasus DBD di Kota Denpasar, fogging serentak telah dilaksanakan secara masif dan menyeluruh.

Baca juga :  Antisipasi Virus Corona, Dewan Bali Minta Lakukan Ini

“Masyarakat kami imbau untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar secara mandiri. Hal ini dapat dilaksanakan dengan pemantauan jentik nyamuk secara berkala dan pemberantasan sarang nyamuk secara mandiri,” kata Eka Putra.

Menurut Eka Putra, fogging hanya membasmi nyamuk dewasanya saja, sedangkan jentik-jentik nyamuk tidak terbunuh. “Fogging membasmi nyamuk hanya pada saat hari itu saja, besoknya bila ada nyamuk baru yang lahir dari jentik tidak akan terbunuh,” ujarnya.

Baca juga :  Tambah 21 Kasus, Denpasar Catat 1.001 Positif Covid-19

Karena itu, lanjut dia, gerakan 3 M plus, yakni menguras, menutup, menyingkirkan/mendaur ulang dan menaburkan bubuk larvasida (bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dbersihkan perlu dilakukan. (112)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini