Pariwisata Berbasis Vaksin Mendesak di Badung

0
7
picsart 02 23 08.03.32
Ketua DPRD Badung, Putu Parwata.

Mangupura, DENPOST.id

Kabupaten Badung mengusulkan vaccin based tourism (pariwisata berbasis vaksin) untuk bisa kembali mendatangkan wisatawan asing ke Bali, yang aman dari penyebaran virus corona. Hal itu, diungkapkan Ketua DPRD Badung, Putu Parwata, Selasa (23/2/2021) dalam memberikan solusi pariwisata Badung yang semakin sekarat.

Selain wisatawan asing yang divaksin, lanjut Parwata, pelaku pariwisata di Bali juga mendapatkan vaksin Covid-19. “Ini sudah diusulkan oleh Bupati Badung, Giri Prasta. Tetapi ini bencana global dan secara terarah kami menunggu instruksi dari pusat,” kata Parwata.

Baca juga :  Melawan, Tiga Pencuri Mesin Traktor Roboh Ditembak Polisi

Menurut dia, Kabupaten Badung memiliki kepentingan besar untuk kembali menggeliatkan perekonomian dari sektor pariwisata. Dengan begitu, vaccin based tourism harus menjadi perhatian. Di samping itu, kesiapan protokol kesehatan pariwisata Bali juga menjadi jaminan kepercayaan bagi wisatawan mancanegara.

Hanya, pihaknya juga mengakui tidak mudah untuk membangun trust (kepercayaan) dunia Internasional. Namun, hal itu bisa dibuktikan terlebih dulu bahwa kondisi Covid-19 di Bali menurun, termasuk penanganan kepada para penderita infeksi Sars-cov-2 dan para orang tanpa gejala (OTG). “Hal yang sama juga perlu dilakukan masyarakat untuk senantiasa tertib menjaga dan menerapkan protokol kesehatan. Ini harus diyakinkan, karena semua itu merupakan indikator trust,” ujar Putu Parwata.

Baca juga :  Razia Perut Lapar dan Prokes di Badung Berlanjut

Ia menekankan, indikator tersebut harus dipenuhi dan dilakukan oleh para stakeholder termasuk masyarakat. “Tidak bisa hanya satu indikator saja,” katanya sembari menambahkan, tanpa diikuti dengan protokol kesehatan dan kesadaran dari seluruh pemangku kepentingan, pihaknya meyakini wisatawan asing tidak akan datang ke Bali.

“Mereka tidak akan berani mengunjungi negara yang kondisinya berbahaya bagi kesehatan mereka. Jadi kita harus buktikan dulu penanganan Covid-19, dan perubahan perilaku semua elemen masyarakat,” jelasnya. (115)

Baca juga :  Demi Pacar, Karyawan Vila Curi HP

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini