Di Badung, Cetak Dokumen Kependudukan Langsung di Kantor Desa

0
24
picsart 02 24 05.52.31
SERAHKAN DOKUMEN -Perbekel Dalung, I Gede Putu Arif Wiratya disaksikan Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Badung, AA Ngr Arimbawa saat menyerahkan dokumen kependudukan yang baru selesai dicetak.

Mangupura, DENPOST.id

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Badung terus melakukan inovasi dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat sebagai bagian dari upaya mewujudkan pelayanan prima.

Setelah meluncurkan program layanan 3 in 1 (three in one) Badung Aku Sapa (Administrasi Kependudukan Satu Paket) dan aplikasi berbasis web Aku Dicari (Administrasi Kependudukan Daftar dan Cetak Sendiri), Disdukcapil Badung terus mengembangkan program tersebut, sehingga pencetakkan dokumen kependudukan seperti akte, kartu keluarga dan KTP-E tidak perlu lagi di Kantor Disdukcapil akan tetapi langsung bisa dicetak di kantor desa.

Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Badung, AA Ngr Arimbawa saat ditemui ketika pelaksanaan program di Kantor Desa Dalung, beberapa waktu lalu mengatakan pelayanan dokumen kependudukan di Kantor Desa Dalung baru pertama kali dilakukan dalam upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat, terlebih di saat pandemi Covid-19 ini.

Baca juga :  Jelang Natal, Anggota DPD Imbau Jalankan Prokes saat Beribadah

“Sesuai dengan aturan yang ada dan berdasarkan program, serta aplikasi yang kami miliki, yaitu Program Badung Aku Sapa dan aplikasi berbasis web Aku Dicari berupaya melakukan secara optimal kepada masyarakat. Selama ini, aplikasi Aku Dicari sudah diiterima dan dilakukan oleh masyarakat diseluruh Badung, namun di satu sisi dari segi aturan, yaitu Permendagri Nomor 7 tahun 2019 dimungkinkan juga dilakukan dengan pelayanan off line selain pelayanan on line,” katanya.

Baca juga :  Jimbaran Minta Tim Verifikasi Pemkab Badung Turun

Lebih lanjut Arimbawa menyampaikan dengan kondisi masyarakat Badung yang sebagian berada di pedesaan, mungkin dari sisi pengetahuan teknologi masih kurang. Untuk itu, aplikasi Aku Dicari ini dibawa sampai ke tingkat desa. Jadi nantinya di kantor desa, masyarakat, para kelian dan kaling tidak perlu lagi ke Kantor Dukcapil, mengingat wilayah Badung memanjang dari ujung selatan Kecamatan Kuta Selatan sampai ujung utara Kecamatan Petang.

“Dengan pelayanan aplikasi Aku Dicari, di mana aplikasinya ditanam di setiap desa, masyarakat maupun kelian dinas atau kaling cukup upluoad permohonan masyarakat sampai di kantor desa dengan memanfaatkan aplikasi tersebut. Kalau sudah terupluoad, kami dari petugas disdukcapil akan memverifikasi dan memvalidasi permohonan tersebut. Kalau semua persyaratan sudah lengkap dan benar akan disampaikan kepada pihak desa melalui aplikasi tersebut untuk bisa dicetak. Selanjutnya masyarakat atau pemohon tinggal mencetak di kantor desa,” jelasnya.

Baca juga :  Satgas GR Covid 19 Pecatu Dirikan Pos Edukasi

Sementara Perbekel Dalung, I Gede Putu Arif Wiratya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Dukcapil atas program yang dilaksanakan yang bersinergi dengan pihak desa dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. (115)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini