Lanjutkan Isolasi OTG-GR di Hotel, Pemkot Gunakan Dana Ini  

0
5
picsart 02 24 05.53.02
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai.

Dauh Puri, DENPOST.id

Setelah sebelumnya memberikan pernyataan pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Gejala Ringan (GR) akan diisolasi di rumah masing-masing, Pemkot Denpasar akhirnya melanjutkan kembali isolasi bagi pasien OTG-GR di hotel.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, Rabu (24/2/2021) mengatakan Pemkot Denpasar telah menyiapkan satu hotel di kawasan Denpasar, dengan menyiapkan 90 kamar.

“Perhari ini (Rabu-red) semua yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya, dijemput dan dibawa ke hotel yang kami siapkan. Intinya kami melanjutkan isolasi di hotel yang sempat dihentikan,” kata Dewa Rai.

Baca juga :  KPU Jembrana Ditarget Pemilih 85 Persen

Ditambahkan Dewa Rai, hotel yang menjadi tempat isolasi yang tak mau disebutkan nama hotel itu, mampu menampung maksimal 180 orang pasien OTG-GR. Di mana satu kamar hotel mampu menampung dua orang pasien. “Jika yang positif Covid-19 OTG-GR misalnya suami istri, juga dengan anaknya akan ditempatkan di satu kamar hotel,” ujarnya.
 
Ditanya dana untuk isolasi pasien OTG-GR di hotel, Dewa Rai menyatakan pelaksanaan isolasi di hotel menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Denpasar. Untuk satu bulan pertama, pihaknya menganggarkan Rp1.89 miliar. “Isolasi di hotel ini untuk kenyamanan pasien dan keluarganya. Jika melakukan isolasi di rumah tentunya sangat rentan untuk menulari keluarganya dan orang lain,” ucapnya.
 
“Dari penjajakan yang dilakukan kami memutuskan lokasi isolasinya masih tetap di hotel yang sebelumnya. Namun jumlah kamarnya yang dulu 300 kamar dengan anggaran dari pemerintah pusat, sekarang 90 kamar,” jelasnya.
 
Sekadar diketahui, pertanggal 19 Februari 2021, Pemkot Denpasar menghentikan pengiriman OTG-GR ke hotel dikarenakan ada surat edaran dari BNPB tentang penghentian sementara isolasi di hotel. (112)
 

Baca juga :  Karyawan Bank Diduga Tewas Dibantai, Ditemukan 25 Tusukan

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini