Vaksinasi Covid-29 di Klungkung, Sejumlah Nakes Tercecer

0
8
picsart 02 25 04.09.37
RAPAT - Tim Satgas Penanganan Covid-19 Klungkung menggelar rapat terkait pemberian vaksin gelombang kedua di ruang Praja Mandala, Kamis (25/2/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Pemkab Klungkung akan melanjutkan program vaksinasi Covid-19 untuk gelombang kedua. Namun untuk vaksinasi gelombang kedua ini, sasarannya tetap diprioritaskan kepada tenaga kesehatan (nakes) yang masih tercecer atau tersisa. Di samping juga TNI/Polri, ASN, hingga petugas pengubur jenazah. Ada sekitar 2.600 dosis vaksin yang akan didistribusikan pada vaksinasi gelombang kedua tersebut.

Bupati Klungkung yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Klungkung, I Nyoman Suwirta, mengakui jumlah vaksin yang diterima sangat terbatas sehingga pemberiannya harus menggunakan skala prioritas. Padahal sejatinya pihaknya sangat ingin secepatnya memberikan pelayanan vaksin kepada seluruh masyarakat Klungkung.

Baca juga :  Pitra Bakti, Disdukcapil Klungkung Hanya Siapkan Anggaran Segini

“Pemberian vaksin tahap kedua kita prioritaskan untuk tenaga medis yang masih tersisa. Sisanya baru prioritaskan TNI/Polri yang selama ini jadi garda terdepan. Di samping juga petugas-petugas kita yang terkait dengan pelayanan masyarakat,” ujar Suwirta, Kamis (25/2/2021).

Disinggung mengenai penyebab masih adanya nakes yang tercecer, Suwirta mengatakan, sebelum vaksinasi gelombang pertama, jajaran Dinas Kesehatan memang sudah melakukan pendataan terhadap tenaga kesehatan. Namun, dari 2.200 nakes yang didata, dalam realisasinya justru bertambah sehingga terjadi kekurangan stok vaksin.

Baca juga :  Harga Kedelai Naik, Pengusaha Perkecil Ukuran Tempe dan Tahu

Suwirta menduga hal itu disebabkan oleh nakes-nakes di rumah sakit swasta yang belum terdata, sehingga saat ini masih ada sisa nakes yang belum memperoleh vaksin Covid-19.

“Memang ada tenaga-tenaga lepas di rumah sakit swasta. Tapi ternyata di semua kabupaten/kota terjadi permasalahan begini (kekurangan vaksin). Ya mungkin karena pendataan yang kurang pas kemarin,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Klungkung, dr. Made Adi Swapatni, mengungkap, untuk vaksinasi Covid-19 gelombang kedua ini, Kabupaten Klungkung memperoleh jatah 260 vial atau 2.600 dosis vaksin. Namun hingga saat ini pihaknya masih melakukan penghitungan mengenai sasaran yang akan divaksin. Apalagi sesuai arahan Bupati Suwirta, vaksin akan diprioritaskan bagi nakes yang masih tersisa dengan kebutuhan sebanyak 1.200 dosis. (119)

Baca juga :  Arak Covid-19 Ramaikan Pasar Gotong-royong Krama Bali

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini