Apa Itu Hari Tanpa Bayangan? Begini Penjelasannya

0
8
picsart 02 25 05.10.10
MATAHARI - Kondisi matahari Kamis (25/2/2021) siang terlihat dikelilingi awan.

Kuta, DENPOST.id

Besok, tanggal 26 Februari dan Lusa 27 Februari akan terjadi kulminasi matahari pertama di Bali. Fenomena alam ini merupakan yang pertama juga terjadi di tahun 2021.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar, Iman Fatchurochman, Kamis (25/2/2021) mengungkapkan, sesuai rilis BMKG tanggal 26-27 Feb 2021 memang akan terjadi kulminasi matahari pertama di Bali. Kulminasi matahari adalah titik di mana matahari tepat berada di atas titik zenit atau kepala pengamat, sehingga bayangan pengamat/benda akan tegak atau berhimpit dengan pengamat/bendanya itu sendiri, dan seolah-olah tidak ada bayangan.

Baca juga :  Dipicu Tiga Dinamika Atmosfir, Bali Potensi Terjadi Hujan Lebat

“Maka pada saat kulminasi utama dikenal sebagai hari tanpa bayangan” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, kejadiannya hanya berlangsung beberapa menit saja, karena matahari bergerak terus. “Tidak ada dampak sebetulnya karena hanya sebentar saja,” katanya via pesan singkat WhatsApp.

Sementara dalam rilisnya BMKG menjelaskan, kulminasi atau transit adalah fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai kulminasi utama. Pada saat itu, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat “menghilang”, karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.

Baca juga :  Sehari, Dua Pasien Corona di Klungkung Sembuh

Secara umum, kulminasi utama pertama tahun 2021 di Bali terjadi antara 26-27 Februari 2021. Di mana untuk wilayah Denpasar, Gianyar, Tabanan, Klungkung, dan Bangli terjadi pada tanggal 26 Februari 2021. Sedangkan untuk wilayah Karangasem, Jembrana dan Singaraja terjadi pada tanggal 27 Februari 2021. (113)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini