Di Klungkung, Desa-desa yang Miliki Pantai Boleh Melasti

0
11
Punya Pantai, Desa-desa di Klungkung Boleh Melasti. Ini Syaratnya
OGOH-OGOH - Lomba ogoh-ogoh di Klungkung tahun 2019 lalu. Tahun ini, lomba dan parade ogoh-ogoh di Kungkung kembali ditiadakan.

Semarapura, DENPOST.id

Pemkab Klungkung bersama instansi terkait mulai mempersiapkan diri menyongsong Hari Raya Nyepi bulan Maret mendatang. Tak jauh berbeda dari tahun lalu, pawai ogoh-ogoh tahun ini juga ditiadakan karena situasi pandemi Covid-19. Sementara ritual melasti, Pemkab memberi sedikit kelonggaran. Meslasti hanya dibolehkan bagi masyarakat yang desanya mempunyai wilayah pantai.

Hal itu dikatakan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, seusai melakukan rapat koordinasi, Kamis (25/2/2021). Dikatakannya, pada malam pangerupukan, pawai ogoh-ogoh tetap ditiadakan. Sementara untuk prosesi melasti yang tahun lalu benar-benar ditiadakan, tahun ini diizinkan tetapi hanya untuk masyarakat yang desanya memiliki pantai.

Baca juga :  Beringin Keramat Timpa Rumah Warga di Eks Galian C

“Tahun sebelumnya tidak boleh melasti, tapi tahun ini bagi yang punya wilayah pantai itu boleh melasti. Namun tetap dibatasi. Melasti hanya boleh diikuti 50 orang dan selalu disiplin menjaga prokes,” tegas Suwirta.

Lebih lanjut dikatakan, untuk masyarakat lain yang desanya tidak berada di wilayah pantai, diharapkan hanya ngubeng atau nunas tirta segara saja. “Hal yang paling penting diingat oleh seluruh masyarakat ketika perayaan Nyepi adalah tetap menerapkan prokes. Meskipun hanya di rumah saja. Apalagi ketika Nyepi, pasti banyak anggota keluarga yang pulang kampung dan berkumpul,” ujarnya.

Baca juga :  Anjing Rabies Gigit Empat Warga di Klungkung

Imbauan ini dilakukan sebagai upaya antisipasi penularan Covid-19. Bupati Suwirta tak ingin, setelah hari Raya Nyepi justru terjadi klaster baru. “Tolonglah jaga jarak, sehingga tidak ada orang menyebut nanti setelah Nyepi kasus melonjak dan lain sebagainya. Harapan kita tentu mudah-mudahan dalam Nyepi ini kita dapat berkah sehingga pandemi Covid-19 ini berlalu,” pungkasnya. (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini