Sekali Melaut, Nelayan Jimbaran Bawa Hampir Sekuintal Ikan Kucing

0
25
Sekali Melaut, Nelayan Jimbaran Bawa Hampir Sekuintal Ikan Kucing
MELIMPAH – Hasil tangkapan nelayan Jimbaran dan Kedonganan terlihat melimpah. Sejak tiga bulan terakhir ikan kocing banyak ditemuakn di perairan Jimbaran dan sekitarnya.

Jimbaran, DENPOST.id

Di tengah ekonomi sulit karena pandemi, sejak tiga bulan terakhir nelayan di Kedonganan dan Jimbaran justru mendapat berkah. Anak ikan kucing (anyar) memang tengah melimpah di kawasan perairan Jimbaran.

Seperti yang terlihat Jumat (26/2/2021) pagi. Puluhan nelayan terlihat sibuk mengurusi hasil tangkapan mereka yang masih di jaring. Beberapa perahu nelayan penuh ikan berjejer di pantai perbatasan antara Kedonganan-Jimbaran tersebut.

Baca juga :  Pasien Covid-19 Meninggal, Pemkab Badung Masih Lakukan Kajian Karantina Wilayah

Menurut salah seorang nelayan, Wayan Batok, sekali melaut, mereka bisa membawa ikan hampir seberat 1 kuintal. Begitu mendarat, para nelayan biasanya dibantu istri dan kerabat untuk melepaskan ikan yang berhasil dijaring. “Kalau sendiri bisa sampai jam 2 belum selesai, makanya kita dibantu biar lebih cepat,” terangnya.

Kondisi seperti ini kata dia sudah berlangsung hampir tiga bulan. “Kalau dulu terakhir banyak ikan seperti ini terjadi sekitar 6 tahun lalu. Lama tidak pernah lagi, sekarang baru kembali lagi,” ungkap nelayan asal Jimbaran tersebut.

Baca juga :  Ini Hasil Rapid Test, PMI dari Kabupaten Badung

Dalam sehari, pihaknya biasanya dia melaut dua kali, yakni pagi dan sore. Namun tidak setiap hari mujur. Batok mengaku pernah sama sekali tidak mendapat ikan padahal rekannya yang lain justru lagi panen. Dia mengaku bersyukur, di tengah situasi pandemi saat ini ikan justru cukup banyak.

Bagaimana dengan pemasarannya? Ditanya begitu, Batok mengaku tidak ada masalah karena ada pengepul yang sudah menunggu. Biasanya, sambung dia, harga ikan yang dipatok pengepul bervariasi. Misalnya untuk ikan yang bagus dan segar per kg dihargai Rp 4.000. Sedangkan ikan yang biasa atau kurang segar laku Rp 3.000. “Kalau satu jukung ini sekitar 4 baskom besar atau kurang lebih hampir 1 kuintal,” pungkasnya. (113)

Baca juga :  Sekda Adi Arnawa Terima 1.000 Paket Sembako dari BPJS Ketenagakerjaan Bali

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini