Tangani Bencana, BPBD Gianyar Digelontor Rp 14 Miliar

0
7
Pohon Kelapa Tumbang Timpa Garase Warga
EVAKUASI - Petugas kepolisian dibantu masyarakat mengevakuasi pohon kelapa tumbang di Jalan Raya Buahan, Desa Buahan, Payangan, Gianyar, Minggu (27/12/2020).

Gianyar, DENPOST.id

Cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini, memicu banyak bencana. Di Gianyar misalnya. Puluhan pohon tumbang sudah ditangani Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar. Selain pohon tumbang, BPBD Gianyar juga banyak menangani tanah longsor dan banjir. Untuk menangani bencana alam, petugas BPBD Gianyar siaga 24 jam dibantu instansi lain seperti TNI, Polri, Satpol PP dan Damkar, PUPR dan instansi lainnya.

Mengingat potensi bencana yg tinggi, BPBD Gianyar mendapat gelontoran dana yang tidak sedikit. Kepala BPBD Gianyar, Ida Bagus Putu Suamba, Sabtu (27/2/2021) mengungkapkan, tahun ini BPBD Gianyar diberikan dana Rp 14 miliar. Sementara tahun 2020 lalu, banyak anggaran yang dipangkas.
“BPBD Gianyar selain menangani masalah kebencanaan juga mengani pengangkutan pasien Covid-19,” terangnya.

Baca juga :  Tak Gunakan Masker, Warga Dikenakan Denda

Bahkan dalam sehari, BPBD Gianyar dibantu petugas Satpol PP Gianyar bisa mengangkut 6 sampai 10 jenazah Covid-19. ”Biasa orang Bali kalau mengubur ada kremasi pasti nunggu hari baik, tidak mau sembarangan sehingga pengangkutan jenazah Covid bisa menumpuk,” jelasnya.

Terkait bencana, selama musim hujan terakhir ini, BPBD Gianyar banyak penangani pohon tumbang baik berskala kecil maupun besar. Bahkan ada pohon tumbang yang
Selain itu, BPBD Gianyar banyak menangani tanah longsor yang menutupi jalan raya, tanah longsor menimpa bangunan rumah, palinggih pura dan tanah longsor menutupi saluran irigasi.

Baca juga :  Kecipratan Sisa Proyek Stadion Dipta, Lapangan Astina Pun Ditata

“Dalam penanganan kebencanaan kami juga dibantu TNI, Polri dan Dinas Perhubungan Gianyar. Untuk pemangkasan pohon perindang jalan di Jalan By-pass Prof IB Mantra yang dianggap membahayakan pengguna jalan langsung dipangkas petugas dari Provinsi Bali,” pungkasnya. (116)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini