SGB-BBJ Bongkar Ciri Pialang Ilegal

0
17
picsart 02 28 10.29.12
PIALANG ILEGAL - Stephanus Paulus, saat menerangkan ciri pialang ilegal di Denpasar.

Sumerta Kelod, DENPOST.id

Berinvestasi di perusahaan pialang berjangka menjadi salah satu tren di kalangan pemilik modal. Ada yang beruntung dan sukses, sebaliknya ada yang merugi dan kemudian menilai invetasi itu tergolong penipuan.
Jenis investasi ini, memang memiliki potensi keuntungan yang tinggi.

Begitupula potensi kerugian yang tinggi pula. Selain mengenal pola transaksi, calon investor harus memastikan suatu perusaan pialang telah legal. Informasi itu, terungkap dalam literasi pengenalan peluang dan resiko perdagangan berjangka komoditi yang digelar Solid Gold Berjangka (SGB) bersama PT Bursa Berjangka Jakarta, Sabtu (27/2/2021) di Denpasar.

Baca juga :  Covid-19 di Denpasar, 74 Orang Terpapar dan Dua Pasien Meninggal

Narasumber Direktur Utama PT Bursa Berjangka Jakarta, Stephanus Paulus Lumintang memaparkan terdapat sekitar tujuh ciri pialang ilegal. “Pertama tidak berijin usaha resmi dari Bappebti, (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi),” ujarnya.

Ciri lainnya, penyetoran margin tidak melalui rekening terpisah. Produk yang ditawarkan tidak terdaftar di bursa berjangka. Tidak memiliki wakil pialang berjangka yang berijin Bappebti. Transaksi nasabah tidak dijamin oleh lembaga kliring berjangka. “Yang perlu diperhatikan oleh setiap investor adalah bagaimana mengelola dan meminimalkan resiko tersebut, agar tercipta sebuah iklim investasi yang sehat dan bertanggung jawab,” ungkapnya.

Baca juga :  Kasus Sembuh dan Positif 26 Orang, 1 Pasien Dinyatakan Meninggal

Dalam hal ini, kata dia, setiap investor harus benar-benar memahami aturan dan resiko dari jenis investasi itu sendiri. Ada rasa fair dan tidak hanya memikirkan sisi positifnya semata. SGB sendiri sempat menjadi bulan-bulanan puluhan mitra yang mengaku tertipu oleh SGB.

Peristiwa itu, dibenarkan Pimpinan Cabang SGB Bali, Peter Christian Susanto. Dia menyebut itu dikarenakan oknum pegawai yang tidak tuntas menerangkan informasi soal untung dan resiko berbisnis melalui perusahan pialang. Pengalaman itu, akan dimaknai dengan pembenahan.

Baca juga :  Di Kota Denpasar, 82 Orang Positif Covid-19 dan Empat Pasien Meninggal

“Jadi kami pastikan, tim konsultan yang mendampingi anda adalah mereka yang berpengalaman dan tersertifikasi di bidang investasi perdagangan berjangka,” ujarnya.

Saat ini, Solid Gold Berjangka Bali didukung pula dengan tim analis pasar dan riset yang berpengalaman dan siap memberikan informasi pasar dan pergerakan harga yang sesuai, sehingga mengoptimalkan transaksi para nasabah. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini