Pendemi, Koperasi Hadapi Pukulan Berat

0
7
picsart 02 28 04.36.29
Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah Kota Denpasar, I Wayan Mudana.

Sanur Kauh, DENPOST.id

Masa pandemi Covid-19, koperasi menghadapi pukulan berat sekaligus tantangan ke depan karena banyak usaha besar maupun pariwisata tutup, sehingga berdampak pada penghasilan anggota.

”Masa pandemi Covid-19 ini, koperasi sangat terdampak karena penghasilan anggota sudah tidak ada sehingga simpanan yang ada di koperasi berupa tabungan dan simpanan berjangka diambil untuk membeli kebutuhan sehari-hari,’’ kata Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Denpasar, I Wayan Mudana, Minggu (28/2/2021).

Baca juga :  Bali-Banyuwangi Sepakati Rapid Test Jadi Syarat Mutlak

Mudana mengaku paling berat dihadapi koperasi adalah anggota meminjam uang tidak bisa membayar karena tidak ada penghasilan selama virus corona mewabah. Kalau mengambil jaminan tidak bisa dan kasihan kepada anggota koperasi. Ini menjadi dilema bagi pengelola koperasi di Kota Denpasar, yang seharusnya bisa berbuat lebih banyak tapi tidak mampu dan berdaya. ”Kita minta agar anggota dan masyarakat mengerti keberadaan koperasi di masa sulit ini. Memberi support kepada pengurus, pengawas dan pengelola beri kepercayaan sehingga mereka bisa berbuat yang terbaik,’’ ujar Mudana.

Baca juga :  Disambar Petir, Candi Bentar Pura Durga Kutri Rusak

Sementara Kadis Koperasi UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena mengungkapkan di masa pandemi Covid-19, tidak hanya koperasi paling terpukul, namun usaha mikro kecil menengah (UMKM) juga mengalami dampak paling berat dari sisi produksi, pemasaran dan pembiayaan. Wabah virus corona ini, tidak hanya melanda Kota Denpasar, melainkan seluruh Indonesia bahkan dunia, sehingga melumpuhkan semua sektor perekonomian.

”Pemerintah sudah melakukan beberapa inisiatif menguatkan koperasi dan modernisasi UMKM di Denpasar untuk melakukan perbaikan sistem kemudahan usaha yang bisa mengakses pasar lebih luas. Pembiyaan dan pengembangan kapasitas usaha seluas-luasnya juga dibantu,’’ kata Erwin Suryadarma. (103)

Baca juga :  Banyu Pinaruh, Pantai di Klungkung Lengang

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini