Pandemi Tak Surutkan Nyurat Aksara Bali di Buleleng

0
16
picsart 02 28 05.51.33
NYURAT AKSARA - Para juara lomba nyurat aksara Bali, serangkaian Bulan Bahasa Bali tahun 2021, Minggu (28/2/2021).

Singaraja, DENPOST.id

Meski di tengah pandemi, sebanyak 10 dari 14 banjar adat di wilayah Desa Adat Buleleng mengikuti lomba nyurat aksara Bali, serangkaian Bulan Bahasa Bali tahun 2021, di wantilan sekretariat setempat, Minggu (28/2/2021). Dalam lomba ini, peserta menerjemahkan sebuah paragraf beraksara latin ke dalam aksara Bali.

Ketua Panitia, I Putu Satria Wiradarma menjelaskan sumber dana dari kegiatan lomba ini berasal dari BKK desa adat yang diberikan kepada Penyuluh Bahasa Bali, untuk mengadakan lomba. Banjar adat yang tidak mengikuti lomba, yakni Banjar Adat Penataran, Banjar Adat Peguyangan, Banjar Adat Tengah dan Banjar Bali. Namun, Banjar Jawa sangat antusias dengan mengirim lebih dari satu peserta.

Baca juga :  Optimalkan Pungutan Pajak Pusat dan Daerah, Pemkab Buleleng Lakukan Ini

“Ada yang tidak mengirimkan dengan alasan orang tua takut mengikutsertakan anaknya dalam lomba karena pandemi Covid-19. Kita sudah wanti-wanti menerapkan protokol kesehatan secara ketat, namun kita tidak berani memaksa karena menyangkut diri dari siswa. Adapula siswa yang malu-malu mengikuti lomba karena kurang percaya diri,” kata Satria.

Lebih lanjut dijelaskan Satria yang juga Penyuluh Bahasa Bali ini, salah satu dasar pelaksanaan Bulan Bahasa Bali adalah dalam rangka pelestarian budaya Bali. Kegiatan pelestarian ini juga disemarakkan oleh masyarakat umum, dengan memanfaatkan media sosial, sehingga upaya pelestarian budaya Bali melalui Bulan Bahasa Bali dapat dicapai dengan cepat.

Baca juga :  Keterbelakangan Mental, Mariati Bertahan Sebatang Kara

Sementara Kelian Desa Adat Buleleng, I Nyoman Sutrisna mengungkapkan lomba ini merupakan evaluasi dari apa yang sudah dilakukan Penyuluh Bahasa Bali di tiap-tiap banjar adat. Ke depan lomba-lomba dalam rangka pelestarian budaya Bali, akan dilakukan di berbagai jenjang pendidikan. (118)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini