Kerugian Akibat Bencana di Klungkung Capai Rp 1,4 Miliar

0
13
Kerugian Akibat Bencana di Klungkung Capai Rp 1,4 Miliar
ROBOH - Kondisi bale pawedaan di Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana di Pundukdawa, Desa Pesinggahan, Dawan yang roboh, Minggu (28/2/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung telah melakukan pendataan terhadap kerusakan pascabencana angin kencang yang terjadi Minggu (28/2/2021). Dari pendataan yang dilakukan pada Senin (1/3/2021), ada delapan titik kerusakan yang ditimbulkan akibat hujan dan angin kencang tersebut. Bahkan, bencana ini menyebabkan kerugian hingga Rp 1,4 miliar lebih.

“Dari pendataan sementara yang kita lakukan, ada delapan kerusakan pascabencana di Klungkung Minggu kemarin,” terang Kepala Pelaksana BPBD Klungkung, Putu Widiada.

Baca juga :  Warga Dusun Kawanan Blokir Jalan, Ini Tuntutan Mereka

Menurut Widiada, kerusakan yang ditimbulkan akibat hujan dan angin kencang beragam. Ada dinding penahan tanah di Desa Tihingan, Banjarangkan yang jebol karena tidak mampu menahan beban air hujan. Kejadian ini berdampak juga terhadap 60 hektar lahan milik petani lantaran saluran irigasi tidak berfungsi.

Selain itu, bencana juga menimbulkan pohon tumbang dan menimpa empat rumah warga di Desa Pesinggahan, Pikat, Sampalan Klod dan Gunaksa. Kerugian paling besar terjadi di Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana di Pundukdawa, Desa Pesinggahan, Dawan. Bale pewedaan yang baru dibangun dengan dana Rp 1,3 miliar roboh diterjang angin kencang.

Baca juga :  Pujawali di Pura Penataran Ped Nusa Penida Digelar Sehari

“Selain di Pura Ratu Pasek di Pundukdawa, ada juga bale piyasan di Pura Bukit Galah yang roboh dan menimbulkan kerugian sekitar Rp 40 juta,” paparnya.

Dengan kejadian tersebut, Widiada tetap mengimbau agar warga lebih waspada. Apalagi kejadian pohon tumbang cukup banyak terjadi di Klungkung.  (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini