Disepakati, Kebhaktian Umat Kristiani Saat Nyepi Dimajukan

0
19
picsart 03 03 08.36.50
Ketua PHDI Kota Denpasar, Nyoman Kenak.

Dauh Puri Kaja, DENPOST.id

Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1943 pada tahun 2021 ini, bertepatan dengan Kebhaktian umat Kristiani, Minggu (14/3/2021). Terkait hal tersebut, majelis umat Kristiani sepakat untuk memajukan pelaksanaan Kebhaktian pada, Sabtu (13/3/2021).

Kesepakatan itu, diputuskan melalui pertemuan antarmajelis-majelis agama yang digelar Kementerian Agama Republik Indonesia Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar, di Gedung Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar, Rabu (3/3/2021).

Baca juga :  Tekan Klaster Baru Covid-19, Ini Pesan Dirlantas Polda Bali

Ketua PHDI Kota Denpasar, Nyoman Kenak menerangkan umat Katolik sepakat untuk menggelar peribadatan pada, 13 Maret 2021, dan selesai jam 06.00 Wita. Sedangkan umat Kristen melaksanakan Kebhaktian di gereja terdekat pada, Minggu (14 Maret mulai pukul 00.00 Wita sampai pukul 06.00 Wita.

“Kami majelis umat Hindu sangat mengapresiasi umat lain yang telah memberikan solusi terbaik agar gelaran Nyepi berjalan lancar,” ujarnya.

Baca juga :  Pasar Gotong Royong Krama Bali, Tak Sampai Rugikan Tradisional

Di antara kepentingan keberagaman di Bali, pelaksanaan Nyepi tetap memberi ruang kepada peristiwa darurat atau kepancabayan. Kenak menerangkan, misalnya ada warga sakit yang butuh pertolongan medis tetap diberikan dispensasi saat pelaksanaan Nyepi.

Diwawancarai terpisah, Wakil Ketua Mejelis GKPB Jemaat Kristus Kasih Pendeta Justus Abraham Lawalata, MTh mengatakan pihaknya telah menginformasikan kesepakatan itu kepada jemaat. Menurut dia, keputusan tersebut dapat memupuk kerukunan umat di Bali, yang selama ini terjalin baik. Dampak positif lainnya, kata dia, hal ini mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19.

Baca juga :  Rumawan Salain: Orangtua Harus Proaktif

“Kami melihat momen Nyepi ini juga sebagai penerapan protokol kesehatan. Dan bahwa gereja menghormati umat Hindu,” ujarnya, yang saat itu didampingi Ketua Majelis GKPB Jemaat Kristus Kasih Pendeta I Made Budiarsa. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini