Diduga Korupsi, Ketua BUMDes Tirtasari Jadi Tersangka

0
26
Korupsi, Ketua BUMDes Tirtasari Jadi Tersangka
KBO Satreskrim Polres Buleleng, AKP Suseno saat menunjukkan barang bukti dalam rekease Kamis (4/3) di Mapolres Buleleng.(118)

Singaraja, Denpost

Diduga tersangkut kasus korupsi, Ketua BUMDes Sadu Amerta Desa Tirtasari, Kecamatan Banjar, Gede S (49) digelandang polisi menjadi tersangka Kamis (4/3) di Mapolres Buleleng. Selain mengamankan tersangka, polisi juga menyita uang tunai Rp 67 juta lebih dari kerugian negara sekitar Rp 87 juta lebih.

KBO Reskrim Polres Buleleng, AKP Suseno dalam keterangan persnya mengatakan, kasus ini dilaporkan warga sekitar tahun 2018 lalu. “Setelah dalam proses, penyidik menetapkan sebagai tersangka dan menyita barang bukti berupa uang tunai,” jelasnya. Kasus yang berjalan sekitar 3 tahun lebih ini menyeret Gede S yang diduga memanfaatkan nama orang lain untuk mencari kredit dalam program Gerbang Sadu Mandiri senilai Rp 1 miliar lebih.

Baca juga :  Seruduk Truk, Pelajar Tanpa Helm Tewas

Dalam program era Gubernur Mangku Pastika ini, desa sasaran mendapat gelontoran dana Rp 1 miliar yang diperuntukkan untuk pembangunan Rp 200 juta dan Rp 800 juta untuk simpan pinjam. “Dana simpan pinjam ini yang diduga disalahgunakan oleh tersangka,” imbuh Suseno.

Sementara itu, Gede S mengklaim BUMDes yang dikelolanya itu tidak mengalami kerugian.”Silahkan cek langsung, BUMDes Tirtasari tidak merugi. Malah untung sampai sekarang,” kilahnya. Namun dia tidak menampik jika dia memakai nama warga lain untuk meminjam uang di BUMDes yang dipimpinnya.

Baca juga :  GTTP Covid-19 Buleleng Kembali Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes

“Saat itu saya sakit, yaa saya pakai tetapi prosedurnya sudah benar,” tandasnya. Atas perbuatannya, Gede S dijerat UU Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman 4 – 20 tahun penjara.(118)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini