Guru PNS Kosong Sejak 2019, Disdikpora Bali Maksimalkan Tenaga Kontrak

0
10
picsart 03 04 07.25.35
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa.

Dangin Puri, DENPOST.id

Kekosongan guru PNS jenjang SMA/ SMK/ SLB Negeri dan Swasta di Provinsi Bali sejak tahun 2019, ternyata belum terisi hingga tahun 2021 ini. Ini karena setiap tahun ada guru yang pensiun, namun lowongan guru belum dibuka oleh Pemerintah Pusat.

Kekosongan guru PNS itupun disikapi dengan memaksimalkan guru kontrak. Fakta itu, diungkap Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa.

Baca juga :  Warga Desa Sembiran Manfaatkan Tanaman Jadi Pewarna Alami Tekstil

Diwawancarai, Kamis (4/3/2021) dia mengatakan Provinsi Bali telah mengusulkan sebanyak 3.381 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja kepada Pemerintah Pusat.
Data tersebut, diperoleh dari laporan masing-masing jenjang sekolah yang menjadi kewenangan Disdikpora Bali.

“Kalau kita mohon sebanyak-banyaknya, tapi belum ada jawaban dari Kementerian (Kemendikbud). Sementara ini baru 500 yang diijinkan. Itu belum bisa memenuhi kuota,” ujarnya.

Dia mengatakan jumlah guru mata pelajaran yang paling banyak dibutuhkan, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika.
Boy tidak membantah saat ini Bali krisis guru tetap. Selama ini, pihaknya memaksimalkan guru-guru kontrak yang juga harus memenuhi jam mengajarnya.

Baca juga :  Pukul Polisi di Jakarta, Pria Nigeria Digerebek di Buleleng

“Bahkan ada guru yang juga mencari jam ajar ke sekolah swasta, maka itulah yang dimanfaatkan,” bebernya.

Selama pola itu, dia mengatakan belum ada permasalah krusial yang muncul. Jam belajar tetap terpenuhi meski semua berlangsung secara daring. Di tengah penyesuaian pembelajaran yang berlangsung daring, dia menyebut tidak ada permintaan khusus dari Bali kepada pusat. Bahkan, mendapat bagian tenaga guru saja harus disyukuri untuk saat ini. (106)

Baca juga :  Desa Adat Imbau Warga Tak Ikut Demo

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini