Dampak Pandemi, Kutsel Nihil Pengajuan Ijin Hotel Baru

0
7
picsart 03 05 06.37.35
VAKSINASI - Pekerja pariwisata antusias mengikuti vaksinasi yang juga menjadi harapan nantinya pariwisata bisa segera dibuka.

Kutsel, DENPOST.id

Dampak pandemi berkepanjang semakin memukul sektor pariwisata. Bahkan untuk tahun 2020, pengajuan ijin hotel baru sama sekali tidak ada untuk di wilayah Kuta Selatan (Kutsel).

Namun yang menarik justru ijin pendirian akomodasi berskala kecil masih cukup banyak. “Kalau pengajuan ijin hotel baru di tahun 2020, sama sekali tidak ada. Mungkin orang berpikir untuk berinovasi dengan skala besar dengan kondisi pariwisata saat ini,” ujar Camat Kutsel, Ketut Gede Arta, Jumat (5/3/2021).

Baca juga :  Nyangkut di Kabel Listrik, Sukarda Selamat

Namun demikian, mantan Sekcam Kuta ini memaparkan ada fenomena lain di mana pengajuan ijin pondok wisata, rumah sewa dan akomodasi berskala kecil, seperti vila masih cukup ramai. Kemungkinan hal ini menjadi trend bagi mereka yang masih punya “saving” untuk berinvestasi dalam skala lebih kecil. Dengan harapan ketika pariwisata membaik mereka sudah siap menyambut kedatangan wisatawan.

“Jumlahnya ada puluhan tersebar di Pecatu, Ungasan dan Jimbaran,” beber Gede Arta.

Baca juga :  Giriasa Ajak Jaga Keamanan di Masa Tenang Pilkada

Bagaimana dengan hotel mangkrak? Kalau hotel yang tergolong mangkrak juga boleh dibilang tidak ada. Karena dari pemantauannya ada pembangunan hotel yang berjalan, namun jadwal pengerjaanya seperti diperkecil atau diperlahan karena kemungkinan terpengaruh kondisi ekonomi saat ini.

Dengan kondisi ekonomi masyarakat yang terpuruk ini, pihaknya sudah melakukan upaya sejak awal pertengahan April, yakni memulai urban farming Kutsel untuk ketahanan pangan. Di mana, pihaknya menggandeng ratusan pelaku urban farming dan juga pelaku pariwisata berbasis agro, seperti di Uluwatu. Selain itu juga dengan memotivasi dan mendorong sektor UMKM.
“Karena tempat kerjanya tutup, banyak yang terjun menjadi UMKM termasuk juga terjun ke nelayan,” paparnya. (113)

Baca juga :  Festival Nusa Penida Hanya Digelar Sehari

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini