Kapolresta Sebut Togar Situmorang Belum Tersangka

0
16
Konsep Otomatis
Jansen Avitus Panjaitan (DenPost.id/ist)

Padangsambian, DenPost.id
Advokat (pengacara) asal Sumatera Utara, Togar Situmorang, S.H., C.Med, M.H., MAPCLA, dilaporkan oleh seorang warga negara Jerman, Rolf Steffen Gornitz, ke Polresta Denpasar.  Togar  dituduh melakukan penggelapan dana (gono-gini) senilai Rp 250 juta oleh  kliennya itu.
Sedangkan Kapolresta Denpasar Kombes Jansen Avitus Panjaitan mengatakan memang benar ada laporan tersebut. Menurut dia, polisi menindaklanjuti setiap laporan yang masuk. “M asih proses. Secara etika, kami akan berkoordinasi dengan Peradi, apakah nanti ada indikasi, sehingga akan kami dalami. Yang bersangkutan (Togar Situmorang) adalah anggota Peradi,” tegas Kombes Jansen Avitus Panjaitan, Jumat (5/3/2021).
“Belum mengarah ke tersangka. Kami dalami dulu. Sekarang prosesnya berjalan. Kami akan berkoordinasi dengan Peradi karena yang bersangkutan anggota Peradi. Dia dilaporkan saat dia bertugas sebagai pengacara, dan statusnya masih terlapor,” tandas perwira dengan melati tiga di pundak ini.
Sedangkan informasi lain yang diperoleh DenPost, Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokad Indonesia (Peradi) melalui Ketua Bidang Pembelaan Profesi Advokad, Antoni Silo, S.H., mengatakan bahwa kasus dugaan penipuan dan penggelapan itu semestinya dilaporkan ke Dewan Kehormatan DPN Peradi, bukan dilaporkan ke polisi (Polresta Denpasar). Menurut dia, Togar Situmorang menjalankan tugas sebagai kuasa hukum pelapor. Selain itu, objek yang dilaporkan Rolf Steffen Gornitz uang senilai Rp 250 juta merupakan titipan yang ditetapkan melalui putusan pengadilan yang memerintahkan kuasa hukum menyerahkan ke kliennya.
Pada Kamis (4/3/2021), Antonio didampingi Wakil Ketua Bidang Pembelaan Profesi Advokad I Made Rediyudana, S.H., dan anggota Bidang Pembelaan Profesi Advokad, Sudarta D.Siringo–Ringo, S.H., menemui penyidik Unit IV Sat Reskrim Polresta Denpasar Pihaknya menemui penyidik yang menangani kasus ini, bukan intervensi atau masuk materi perkara. (yan)

Baca juga :  Aksi Bobol ATM Nasabah Bank Ternyata Dikendalikan Napi LP Kerobokan

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini