IKM Bali Didorong Terapkan Pemasaran Digital

0
5
Konsep Otomatis

Sumerta, DenPost

Bank Indonesia, BPD Bali dan Dekranasda bersinergi menyelenggarakan edukasi kepada pelaku Industri Kecil dan Menengah lokal Bali.
Kegiatan bersama edukasi IKM Bali Bangkit dan IKM Kabupaten/ Kota “Bangga Pakai Buatan Buatan Krama Bali” ini digelar pada Jumat (5/3) di Taman Budaya Provinsi Bali.

Kepala BI Perwakilan Bali, Trisno Nugroho menyebutkan dalam pelatihan ini para IKM akan mendapat cara pengelolaan produk, utamanya pemasaran produk dalam digital.

“Digitalisasi adalah sebuah kewajiban. Bukan lagi pilihan. Kalau UMKM hanya mengandalkan fisik (konvensional) saja juga berat. Karena wisman dan wisnus juga ngga ada,” terangnya yang saat itu didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali dan perwakilan BPD Bali.

Baca juga :  Lagi, 1 Pasien Covid-19 di Denpasar Meninggal

Melalui digitalisasi, Trisno mengatakan UMKM lokal dapat menjangkau pasar nasional. Pasar nasional menurutnya segmen yang masih menjanjikan bagi UMKM lokal Bali, mengingat perputaran ekonomi di Pulau Jawa relatif bergerak.

Berdasarkan data BI, Trisno mengatakan tingkat menabung uang di bank itu naik 11 persen, khususnya di wilayah Jawa. Berbeda dengan di Bali, yang ekonominya melemah karena pariwisata tidak bergerak.
Ia mengajak para UMKM lokal Bali untuk memaksimalkan digitalisasi dan strategi pengemasan ini demi kelangsungan produksi. Trisno mengakui bahwa warga Indonesia berkarakter impulse buying atau pembelian yang tak terencana.

Baca juga :  Soal Menutup Bali, Koster Tunggu Perintah Jokowi

Selain itu, digitalisasi menjadi efektif karena didukung penerapan transaksi non tunai menggunakan QRIS semakin masif, baik di tingkat nasional maupun Bali.

“Melalui digitalisasi, kami juga ingin UMKM di Bali naik kelas. Dari tidak tahu QRIS, jadi tahu. Dari tidak tahu market place, jadi tahu,” terang Trisno.

Kegiatan ini diikuti puluhan IKM di Bali. Mereka antusias menyimak penjabaran materi dari papar IT dan ekonomi yakni I Dewa Made Krishna Muku. Direktur Bisnis Non Kredit BPD Bali, Nyoman Sumanaya menyebutkan ini upaya BPD mewujudkan IKM Bali berdaya saing. (106)

Baca juga :  Dishub Denpasar Operasi Wajib Masker di Simpang Jalan Hayam Wuruk

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini