Puluhan OTG di Klungkung Isolasi Mandiri di Rumah

0
7
picsart 03 08 06.07.28
RUANG ISOLASI - Kondisi ruang isolasi di RSUD Klungkung.

Semarapura, DENPOST.id

Sempat mereda, kasus positif Covid-19 kembali melonjak dalam beberapa hari terakhir di Kabupaten Klungkung. Total ada 122 warga yang terkonfirmasi Covid-19, dan masih dalam masa perawatan.

Mereka tidak hanya dirawat di RSUD Klungkung atau hotel, tetapi puluhan orang dengan kondisi Orang Tanpa Gejala (OTG) juga tercatat memilih melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Lonjakan kasus Covid-19 ini, tidak ditampik Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang juga Ketua Satgas Covid-19, Senin (8/3/2021). Menurut Suwirta, melonjaknya kasus positif Covid-19 saat ini didominasi klaster keluarga. Utamanya keluarga besar yang memiliki anggota cukup banyak.

Baca juga :  Barang Bukti 19 Perkara di Klungkung Dimusnahkan

Oleh karena itu, Suwirta meminta agar masyarakat tetap memerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan ketat.

“Kita imbau masyarakat jangan gegabah dan jangan anggap remeh imbauan pemerintah harus dilaksanakan dengan baik. Kalau memang harus dikarantina, karantina kalau harus isolasi maka isolasi dan juga perketat prokes,” tegasnya.

Melihat angka dalam perawatan yang mencapai 122 orang, Suwirta mengatakan tidak semua pasien dirawat di RSUD Klungkung. Hanya sebanyak 54 orang yang dirawat di rumah sakit. Sisanya 38 orang isolasi di hotel dan 30 orang memilih melakukan isolasi di mandiri di rumah. “Yang melaksanakan isolasi mandiri terbanyak tujuh orang di Dusun Bungaya, Desa Akah dan dua orang di Dusun Tengah, Akah sisanya menyebar di beberapa desa,” ungkapnya.

Baca juga :  Jualan di Luar Pasar Galiran, Pedagang Bermobil Kena Tipiring

Lebih lanjut disampaikan, hingga saat ini Pemkab Klungkung tetap memfasilitasi isolasi pasien Covid-19 di hotel. Hanya saja saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih isolasi mandiri. Dengan pertimbangan tidak ada yang menunggui dan juga faktor psikologis. Meski demikian ditegaskan yang diizinkan melakukan isolasi mandiri hanyalah Orang Tanpa Gejala (OTG). (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini