Di Karangasem, 103 Kendaraan Mewah Menunggak Pajak

0
8
picsart 03 08 07.27.43
Kepala UPTD Samsat Karangasem, I Gusti Nyoman Adi Wijaya.

Amlapura, DENPOST.id

Sebanyak 103 mobil mewah di Kabupaten Karangasem tak melunasi pajak. Kisaran tunggakan berkisar Rp5 juta hingga Rp30 jutaan.

Kepala UPTD Samsat Karangasem, I Gusti Nyoman Adi Wijaya mengungkapkan pihaknya telah melakukan upaya penagihan dengan mendatangi seluruh penunggak lewat dor to dor. Namun, hal ini mengalami beberapa kendala.

“Salah satunya ada yang sudah dijual, namun masih atas nama yang bersangkutan,” kata Wijaya diwawancara, Senin (8/3/2021).

Baca juga :  Di Karangasem, 4.900 Data Pemilih Tak Ditemukan Saat Coklit

Dia menuturkan meski telah mendatangi seluruh nama penunggak, hingga saat ini yang melunasi baru segelintir. “Rata-rata terkendala karena kondisi saat ini pandemi. Tunggakan tertinggi mencapai Rp25 juta. Itu belum termasuk dendanya kira-kira Rp3 jutaan,” tambah Wijaya.

Ditanya terkait kategori mobil mewah, dia menuturkan adalah mobil yang dibeli dalam kisaran Rp250 juta ke atas. Rata-rata yang menunggak jenis minibus dan truk milik perseorangan dan perusahaan. “Total tunggakan jika ditotal tembus miliaran,” jelasnya.

Baca juga :  Kelabakan Kepergok Bupati Suwirta dan Kapolres, Dua Remaja Terluka

Tak hanya banyak menunggak, selama masa pandemi pajak pembelian kendaraan baru juga jauh menurun. Jika sebelumnya UPTD biasa menarget pajak kendaraan baru sebanyak 20 persen, namun di masa pandemi ini hanya 8 persen. “Hingga bulan Februari ini pula dari 18 ribu lebih kendaraan yang melakukan pelunasan pajak baru dalam kisaran duaribuan, ” pungkasnya. (yun)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini