Ditolak di TPS Ini, Tukang Angkut Sampah Padangsari Bingung Buang Sampah

0
11
picsart 03 08 07.28.40
BINGUNG – Tukang angkut sampah di lingkungan Br. Padangsari, I Nyoman Taman di atas moci bingung tidak diizinkan lagi membuang sampah di TPS Monang-maning, Desa Tegal Kerta, Senin (8/3/2021).

Padangsambian, DENPOST.id

Pengelolaan sampah secara swakola dilakukan desa/ kelurahan di Denpasar belum bisa dilakukan maksimal. Belum tersedianya tempat pembungan sementara (TPS) untuk membuang sampah yang dipungut dari warga, membuat tukang angkut sampah kebingungan membuang sampah.

”Sebelumnya sampah dipungut dari warga di lingkungan Padangsari, Kelurahan Padangsambian diizinkan membuang di TPS Monang-maning, Desa Tegal Kerta. Namu pada Minggu (7/3/2021) dilarang membuang sampah ke sana, sehingga sampah yang sudah diangkut terpaksa didiamkan di moci,’’ kata petugas angkut sampah Br. Padangsari, I Nyoman Taman, Senin (8/3/2021).

Baca juga :  Lagi, Satu Pasien Covid-19 di Denpasar Meninggal

Taman mengaku banyak warga protes karena sampah warga yang dikumpulkan di depan rumah ada sampai empat hari tidak diangkut. Selain ditolak membuang sampah di TPS Monang-maning juga ada kendala armada hanya memiliki satu moci untuk mengakut sampah warga, sehingga masyarakat tidak bisa dilayani maksimal pengangkutan sampahnya.

Apalagi dua hari dilarang membuang sampah di TPS Monang-maning dengan alasan Kelurahan Padangsambian dilarang membuang sampah di sana dan yang boleh hanya warga Desa Tegal Kerta, Desa Tegal Harum dan Kelurahan Pemecutan. Sementara di Kelurahan Padangsambian belum memiliki TPS.

Baca juga :  Pertumbuhan Awan Cumulonimbus Berpotensi Terjadi di Bali, BMKG Imbau Ini

’’Saya harapkan pemerintah, terutama Dinas Lingkungan Hidup dan kebersihan (DLHK) mencarikan solusi dan jalan keluar agar sampah warga Padangsari bisa dibuang di TPS Tegal Kerta,’’ harap Taman.

Sementara Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa saat dikonfirmasi mengatakan sesuai kesepakatn yang ada dengan Desa Tegal Kerta, Tegal Harum dan Kelurahan Pemecutan, serta berapa banjar di Kelurahan Padangsambian siapa membuang sampah di TPS Tegal Kerta, Monang-maning terlebih dahulu harus dipilah sampah organik dan non organik.

Baca juga :  Pecah Sentralisasi Politik, Koalisi Lima Parpol Ambisi Masuk Eksekutif dan Legislatif

”Sosialisasi pemilahan sampah organik dan non organik sudah dilakukan sejak Januari 2021. Sampah organik dibuang Selasa dan Jumat, selain itu baru sampah non organik boleh dibuang,’’ kata Putra Wirabawa. (103)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini