Rest Area Goa Jepang Tak Terawat

0
22
picsart 03 11 05.52.03
GOA JEPANG - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, saat meninjau kondisi rest area objek wisata Goa Jepang, Kamis (11/3/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Pascadilakukan penataan, kondisi rest area obyek wisata Goa Jepang yang berlokasi di Jalan Raya Banjarangkan, Klungkung justru terkesan tak terawat. Rumput dan tanaman liar tumbuh subur di sekitar lokasi.

Padahal penataan rest area tersebut dibangun tahun 2019, dengan anggaran mencapai Rp800 juta. Hal itupun menjadi sorotan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta ketika melakukan peninjauan, Kamis (11/3/2021).

Melihat kondisi tersebut, Bupati Suwirta mengatakan hal ini terjadi karena adanya salah kewenangan pada OPD. Disampaikan Suwirta, saat ini rest area di Goa Jepang dikelola oleh Dinas Pariwisata. Padahal dari aspek pemanfaatan, rest area ini belum masuk sebagai objek wisata yang dikenakan retribusi. Dengan demikian pemeliharaan terhadap aset ini menjadi pekerjaan gotong royong antardinas-dinas terkait.

Baca juga :  Rapid Test Antigen Acak di Pelabuhan Tribuana

Misalnya, Dinas Perhubungan untuk penerangan, PUPR untuk perencanaan dan teknis, sementara kebersihan dan keasrian tetap menjadi tugas DLHP.

“Ini akibat dari salah kewenangan. Dinas Pariwisata tidak memiliki cukup tenaga untuk merawat fasilitas rest area ini,” ujarnya.

Dengan ada persoalan tersebut, Suwirta akan segera mengalihkan pemeliharaan aset tersebut ke Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan. Mengingat, ketersediaan SDM dinas tersebut lebih memadai.

Baca juga :  Jualan di Luar Pasar Galiran, Pedagang Bermobil Kena Tipiring

“Jangan sampai fasilitas yang kita bangun dengan anggaran ratusan juta, malah terkesan tidak terawat seperti ini. Mulai besok, Dinas Lingkungan Hidup sudah mulai bekerja. Lakukan pemangkasan dan rawat tempat ini,” tegas Bupati Suwirta. (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini