Kurangi Tumpukan Sampah, Seluruh Desa-Kelurahan Lakukan Swakola

0
15
Kurangi Tumpukan Sampah, Seluruh Desa-Kelurahan Lakukan Swakola
Plt. Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa

Lumintang, DENPOST.id

Guna mengurangi sampah menumpuk di pinggir jalan, seluruh desa/keurahan yang ada di Kota Denpasar sudah melakukan swakola sampah secara mandiri berbasis lingkungan dan dusun. Sampah organik dan non-organik rumah tangga dibuang ke tempat pembuangan sementara (TPS) atau depo yang disediakan.

”Kita sekarang sudah menerapkan pengelolaan sampah secara swakola di masing-masing desa/kelurahan. Sebelum sampah diangkut oleh petugas, terlebih dahulu dipilah sampah organik dan non-organik. Setelah dipilah baru dibuang ke TPS atau depo yang ada. Sampah yang terkumpul di TPS dan depo diangkut mobil DLHK dibuang ke TPA Suwung,’’ papar Plt. Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa, Jumat (12/3/2021).

Baca juga :  Distan Denpasar Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Wirabawa mengaku gencar melakukan sosialisasi ke banjar atau dusun agar sampah rumah tangga tidak dibuang sembarangan dan dikelola secara mandiri. ”Semua desa dan kelurahan sudah bergerak melakukan swakola, tapi masih ada beberapa banjar belum melakukan,’’ katanya.

Lebih lanjut Wirabawa menjelaskan, swakola sampah yang dilakukan desa/lurah belum maksimal, sehingga tetap dibantu pengangkutan dari DLHK agar bisa berjalan sesuai harapan.

Selain terus sosialisasi, kata Wirabawa, pihaknya juga gencar sidak pascadilakukan swakola sampah agar masyarakat tidak membuang sampah di pinggir jalan. Petugas DLHK melakukan sidak keliling dari pukul 19.00 hingga pukul 07.00 pagi. ”Masyarakat yang membuang sampah sembarangan di trotoar ditangkap langsung diproses ke tindak pidana ringan (tipiring) guna memberikan efek jera,’’ tandasnya. (103)

Baca juga :  Paskah di Gereja Katedral Bali Dijaga Luar Dalam

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini