Koster Susun Pergub Perlindungan PMI Bali

0
14
picsart 03 15 05.48.50
TERIMA AUDIENSI - Gubernur Koster, saat menerima audiensi Kesatuan Pelaut Indonesia Bali di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Senin (15/3/2021).

Sumerta Klod, DENPOST.id

Pekerja Migran Indonesia asal Bali atau disebut PMI krama Bali, mendapat perhatian dari Gubernur Bali, Wayan Koster.
Saat ini, pihaknya tengah menyusun Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Sistem Perlindungan Pekerja Migran Indonesia bagi krama Bali.

Itu dia ungkapkan saat menerima audiensi Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Bali, di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Senin (15/3/2021).

Kata Koster, pergub ini dibuat guna menyikapi banyaknya masyarakat Bali sebagai PMI yang bekerja di luar negeri.
Regulasi tersebut, di antaranya akan mengatur mengenai asal, keluarga, di negara mana yang bersangkutan bekerja, apa saja jenis pekerjaannya, di mana tinggal dan sebagainya. Regulasi ini akan dikoneksikan dengan suatu sistem digital

Baca juga :  Dipindah ke LP Kerobokan, Ini Kata Jerinx

Maka itu, pekerja migran asal Bali diwajibkan mendaftarkan diri ke Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali. “Dengan demikian kita punya database pekerja kita di luar negeri yang bisa kita lindungi dan beri pelayanan dengan baik. Ini jadi kewajiban pemerintah,” terang Koster.

Para PMI juga akan dibekali pula dengan keterampilan tambahan melalui pelatihan yang difasilitasi pemerintah. “Jadi kebijakan ini juga bisa membuka peluang-peluang kerja baru bagi PMI kita di negara tujuan,” jelasnya. (106)

Baca juga :  Bersih-bersih Bale Banjar, Sutapa Tewas Disapu Expander

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini