26 Ribu PMI Agendakan Berangkat, Koster Fasilitasi Ini

picsart 03 15 05.49.32
AUDIENSI KPI - Gubernur Koster, saat menerima audiensi Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Bali, di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Senin (15/3/2021).

Sumerta Kelod, DENPOST.id

Sebanyak 26 ribu Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bali, direncanakan bekerja ke luar negeri. Sebelum berangkat, mereka telah menjalani vaksinasi yang difasilitasi Gubernur Balin Wayan Koster.

“Semua yang akan berangkat kita fasilitasi dan programkan (vaksin) wajib itu dan kami akan bantu,” kata Gubernur Koster, saat menerima audiensi Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Bali, di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Senin (15/3/2021).

Baca juga :  Pelanggar Lalu Lintas Akan Ditilang Melalui Kamera Pengawas

Hal itu, dilakukan karena tenaga kerja asli Bali yang merantau ke luar negeri harus diproteksi dan difasilitasi dengan baik, didukung dan dipermudah dalam prosesnya menuju negara pemberi kerja. “Untuk itu yang perlu vaksin segera didata dengan baik. By name by address, tempat kerjanya di mana perusahaan atau atasannya siapa harus lengkap dan terorganisir. Ikuti mekanisme di kabupaten/kota,” kata Gubernur Koster.

Dengan begitu, dia berharap para pekerja yang sebagian besar bekerja di kapal pesiar itu dapat memperoleh pekerjaan dengan status jelas. Vaksinasi ini akan dilaksanakan secara bertahap dengan prioritas pertama 5.000 PMI yang sudah siap berangkat atau sudah diikat kontrak kerja.

Baca juga :  Walikota Denpasar Jelaskan Ranperda dengan Bahasa Bali

Sementara Ketua KPI Bali, I Dewa Putu Susila mengapresiasi upaya Gubernur Koster yang akan memfasilitasi program vaksinasi bagi PMI asal Bali.
“Masalah ini sangat krusial karena vaksinasi jadi syarat bagi mereka untuk bisa kembali bekerja, harus ada hitam di atas putih yang disertakan sebagai persyaratan sebelum berangkat. Jika program (vaksinasi PMI-red) ini bisa berjalan, saya rasa Bali bisa jadi pelopor karena daerah lain belum ada,” ucap Susila. (106)

Baca juga :  Cegah Pelanggaran Prokes, Tim Yustisi Sidak Pusat Perbelanjaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini